Makalah Daur Ulang,KEMAH KERJA PEMUDA 2014 KOTA SINGKAWANG - DUNIA INFORMASI

Breaking

Thursday 17 September 2015

Makalah Daur Ulang,KEMAH KERJA PEMUDA 2014 KOTA SINGKAWANG

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya sehingga tugas penyusunan makalah ini dapat diselesaikan.
Makalah ini disusun untuk diajukan sebagai diskusi kelompok Kemah Kerja Pemuda . Kami mengucapkan terima kasih kepada Amanda Julaiha dan Rafi selaku Mentor yang telah membimbing kami dalam penyelesaian makalah ini.
Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sebagaimana peribahasa mengatakan “Tak ada gading yang tak retak”. Hal itu disebabkan karena keterbatasan wawasan dan pengetahuan yang kami miliki. Oleh karena itu, kami senantiasa mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian.
Demi perbaikan makalah ini di masa yang akan datang.
Akhirnya kami berharap mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Singkawang, 26 oktober 2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Permasalahan sampah di kota singkawang bukan lagi rahasia umum. Belakangan ini permasalahn sampah semakin hari semakin menggurung sudah menjadi topik pembicaraanyang cukup menyedot perhatian setiap kalangan. Seperti kita ketahui di Lingkungan Kota Singkawang Sering kita jumpai barang-barang bekas yang tidak terpakai dan hanya menjadi tumpukan sampah yang bisa membuat lingkungan menjadi tercemar dan bahkan dapat mengakibatkan bencana banjir, yang sangat merugikan masyarakat Kota singkawang, dari situlah kami membuat suatu inovasi karya seni berbentuk daur ulang, sebagai bentuk  mengatasi masalah tersebut dan untuk penghasilan kami dalam kelompok wirausaha berbisnis.
B.       Rumusan Masalah
1.         Apa yang dimaksud dengan daur ulang?
2.         Bagaimana cara pendaur ulang barang bekas?
3.         Bagaimana peluang berkembangnya usaha?
C.       Tujuan pembuatan makalah ini :
1.         Agar kita dapat mengetahui yang dimaksud dengan daur ulang
2.         Agar kita mengetahui cara mendaur ulang barang bekas yang berserakan
3.         Agar kita dapat mengetahui perkembangan usaha daur ulang yang bermanfaat

BAB 2
PEMBAHASAN
A.       Pengertin Daur ulang
Daur ulang adalah suatu kegiatan mengubah suatu barang yang sudah dipakai menjadi suatu barang yang baru. Daur ulang ini tujuanya adalah untuk mencegah adanya sampah yang berserakan namun sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna. Daur ulang ini juga dapat mengurangi terjadinya bencana alam seperti banjir. Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang bakalan lebih menarik.  
B.       Cara Mendaur ulang barang bekas
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa daur ulang itu adalah suatu kegiatan mengubah suatu barang bekas menjadi barang baru. Seperti yang kita lihat selama ini kebanyakan barang bekas hanya dibiarkan begitu saja padahal bisa kita daur ulang menjadi barang-barang baru yang unik, berharga dan bahkan bisa bernilai. Contoh barang yang dapat kita daur ulang adalah :
1.                       Suatu kaleng bekas kita jadikan sebuah celengan
              Disini kita hanya bermodalkan sebuah kaleng bekas dan kertas sebagai penghias. Dimana kertas / koran yang bisa kita pakai ini adalah dari barang bekas dan mudah kita mencari dan menjangkau harga yang lebih murah.
2.                       Sisa potongan kain atau kain bekas bisa kita jadikan kreasi bros
                   Dimana seperti yang kita ketahui bahwa pada masa-masa ini lagi heboh-hebohnya trandy Hijab bagi kalangan kaum hawa, maka lebih cocok untuk pembuatan bross dengan model dan kreasi yang manarik kaum remaja-remaja. Dengan kain bekas kita dapat membuatnya hanya tambah modal jarum,lem dan peniti.
3.                       Koran bekas dapat kita daur menjadi sebuah vas bunga yang unik dan cantik
                   Seperti yang telah kita saksikan sekarang bahwa sudah banyak kreasi vas bunga dari koran bekas yang unik dan cantik. Dimana kita hanya bermodalkan lem, kertas koran bekas dan pernis untuk mengubah warna agar lebih menarik sehingg menjadi seperti vas dari kayu jati.
4.                       Plastik bekas snack bisa kita jadikan suatu tas, bunga dan prenak-prenik.
Sering kita jumpai sampah pastik bekas snack yang tidak pernah kita duga, sebenarnya barang itu bisa kita jadikan tas dan pernak-pernik. Dengan bermodalkan lem, gunting plus kreativitas kita.

C.       Peluang berkembangnya usaha
Peluang untuk pemasaran lebih mudah karena merupakan hasil karya yang bisa menarik minat lokal maupun internasionalse hingga bisa memajukan dalam segi ekonomi dan pariwisata. Menurut kami daur ulang ini tepat untuk memajukan ekonomi di masyarakat, selain pembuatannya mudah bahkan mudah kita dapatkan.
Dalam pemasaran barang ini tidak ada rentang waktu karena barang hasil daur ulang tersebut selalu memiliki daya tarik. Dalam pemasaran ini kita dapat menggunakan media online, penawaran ke tetangga, dan jika ada event kita juga bisa membuka suatu bazar kecil-kecilan khusus barang-barang yang kita hasilkan.
Pada pemasaran awal kita membuat contoh jangan terlalu banyak, minimal untuk permulaan itu 10. Jika pemasaran yang kita jalankan lancar barulah kita tambah dalam pembuatan/penciptaan produk agar usaha yang kita jalankan tidak terjadi kerugian.
Harga pemasaran kita harus sesuaikan dengan model dan kondisi, jangan sampai orang tidak ingin menjamah barang produksi kita karena harga yang terlalu mahal atau tidak sesuai dengan kondisi di daerah kita.

 BAB 2
PENUTUP
A.       Kesimpulan
Daur ulang adalah suatu kegiatan mengubah suatu barang yang sudah dipakai menjadi suatu barang yang baru, menarik dan cantik. Seperti saat ini banyak brang-barang bekas yang menjadi sesuatu yang lebih berguna contohnya vas bunga yang dapat dibuat dari kertas bekas, celengan yang dapat kita buat dengan bahan kaleng bekas, dan plastik-plastik bekas snack yang dapat kita jadikan tas dan prenak-prenik lainnya.

No comments: