Menangkan Persaingan, dan Jamkrindo Harus Tingkatkan Kemampuan Komunikasi - DUNIA INFORMASI

Breaking

Tuesday 2 September 2014

Menangkan Persaingan, dan Jamkrindo Harus Tingkatkan Kemampuan Komunikasi




Jakarta -Persaingan usaha di Indonesia semakin ketat, tidak hanya antar perusahaan lokal tetapi juga dengan perusahaan-perusahaan dari luar negeri. Perusahaan umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) mengalami hal yang sama.

Untuk memenangkan persaingan tersebut, maka Jamkrindo harus meningkatkan kemampuan komunikasi seluruh karyawannya. Ini sangat penting dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

"Peningkatan kemampuan komunikasi seluruh karyawannya mutlak dilakukan Jamkrindo jika ingin memenangkan persaingan dan keberadaannya tetap eksis sebagai pemberi jaminan kredit usaha mikro, kecil, dan menengah, serta koperasi di Indonesia," ungkap pakar komunikasi Aqua Dwipayana saat hari ini, Selasa (2/9/2014) berbicara di rapat kerja nasional Jamkrindo di Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut Dirut Jamkrindo Diding S Anwar bersama semua direksi lainnya, seluruh kakanwil, kepala divisi, kepala cabang, dan kepala unit pelayanan se-Indonesia. Jumlahnya sekitar 100 orang. 

Aqua menambahkan, untuk sukses melaksanakan komunikasi, baik di internal maupun eksternal perusahaan, maka seluruh jajaran Jamkrindo harus melaksanakan lima hukum komunikasi yang efektif. Itu hendaknya menjadi panduan bagi semua pegawai.

Lima hukum komunikasi yang efektif tersebut lanjut anggota tim pakar seleksi menteri detikcom ini adalahRespect, Emphaty, Audible, Clarity, & Humble

Respect artinya ketika komunikasi dengan siapapun juga, tanpa melihat latar belakangnya, harus selalu menghormati orang yang diajak bicara. Emphaty maksudnya bisa merasakan yang sedang dialami orang lain terutama hal-hal yang kurang menyenangkan.

Audible yakni di mana pun berada harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya. Sehingga keberadaannya diterima semua orang. Clarity yakni berkomunikasi dengan menggunakan bahasa sederhana yang mudah dimengerti. Sedangkan Humble adalah selalu bersikap rendah hati.

"Jika semua itu bisa dilaksanakan dengan baik dan konsisten oleh seluruh karyawan Jamkrindo maka di mana pun mereka bertugas, insya Allah sukses dan seluruh target perusahaan tercapai. Dengan begitu maka kinerja perusahaan akan terus meningkat," ungkap Aqua.
(dnl/ang
sumber : detik

No comments: