Dampak Facebook terhadap Motivasi Belajar - DUNIA INFORMASI

Breaking

Sunday 29 June 2014

Dampak Facebook terhadap Motivasi Belajar

Makalah Sosiologi
Dampak Facebook terhadap Motivasi Belajar
Guru Mata Pelajaran : Asnorili,S.Sos
Dibuat oleh :
Rubiah
Saleh
Sari Yusnani
Usulan Penelitian Diajukan untuk memenuhi Tugas Akhir semester
Departemen Pendidikan Nasional
SMAN 01 Tekarang
Kelas XII IS1
Tahun ajaran 2013/2014




Kata Pengantar
Puji syukur Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nyalah Kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul DAMPAK FACEBOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Asnorili selaku guru mata pelajaran sosiologi yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai dampak penggunaan fecebook terhadap motivasi belajar baik keuntungan maupun kerugiannya.
Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan. Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun. Semoga makalah ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.


Rambayan,12 Februari 2014

Bab 1
1.    Latar Belakang Masalah
          Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan. Sifatnya mutlak, baik bagi seseorang, keluarga, bangsa dan negara. Maju mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh pendidikan.
          Mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan manusia, maka pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang optimal.
          Sekolah mempunyai peran penting dalam membimbing, mendidik, melatih dan mengajar pengajar menuju manusia seutuhnya. Maka dari itu perlu adanya motivasi belajar agar pelajar mampu menjadi manusia seutuhnya. Selain motivasi belajar fasilitas, teknologi dan alat bantu belajar seperti internet juga tidak kalah penting untuk meningkatkan pendidikan.
          Internet adalah suatu jaringan yang membantu seseorang atau pelajar untuk mencari sesuatu yang diinginkannya. Dengan internet seseorang atau pelajar dapat dengan mudah mendapatkan yang diinginkannya tanpa harus membuang tenaga atau sejenisnya untuk mencari keinginannya tersebut.
          Seiring berjalannya waktu internet juga semakin canggih dengan adanya aplikasi facebook yang dapat menghubungkan seseorang dengan seseorang yang berada di seluruh dunia. Sehingga tidak jarang facebook dapat mempengeruhi motivasi pelajar baik itu keuntungan maupun kerugiannya.
2.    Rumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang di atas, maka di dapat rumusan masalah sebagai berikut :
1)   Apa keuntungan dari facebook terhadap pelajar ?
2)   Apa kekurangan dari facebook terhadap pelajar ?
3)   Bagaimana mengatasi agar pelajar tidak terpengaruh terhadap facebook ?

3.    Tujuan Penelitian
          Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka di dapat tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1)   Dapat mengetahui keuntungan dan kekurangan dari facebook.
2)   Dapat mangatasi pengaruh dari facebook.

4.    Hipotesis
          Hipotesis merupakan pendapat yang kebenarannya masih rendah atau kadar kebenarannya masih belum meyakinkan. Kebenaran pendapat tersebut masih perlu diuji atau dibuktikan, yang dilakukan dengan bukti-bukti secara empiris, dengan cara melalui data atau fakta-fakta dilapangan.
          Menurut Hadari nawawi ( 1987:37 ) menyatakan “ Hipotesis adalah kesimpulan sementara yang dirumuskan secara cermat atas dasar pemikiran dalam landasan teori”. Dalam penelitian ini dirumuskan 2 bentuk hipotesis yaitu Hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat yang diteliti dan Hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak adanya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat.
          Adapun rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1)   Hipotesis Alternatir (Ha)
     Terdapat pengaruh antara facebook dengan motivasi belajar.
2)   Hipotesis Nol (Ho)
     Tidak terdapat pengaruh antara facebook dengan motivasi belajar.

5.    Ruang lngkup Penelitian
          Dalam penelitian yang kami teliti ini agar jelas ruang lingkupnya maka kami membatasi penelitian kami hanya di kelas Xa dan Xb SMANSA TEKARANG.

6.    Metodologi Penelitian
1)   Populasi dan Sampel
A.  Populasi
       Populasi sangat diperlukan dalam sebuah penelitian, karena dengan populasi itu peneliti dapat menentukan subyek atau sampel yang selanjutnya dapat digunakan untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian ini. Karena itu masalah populasi menjadi menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah penelitian.
       Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa-siswi kelas Xa dan Xb SMA NSA TEKARANG dengan karakteristik sebagai berikut :
a.    Siswa-siswi kelas Xa dan Xb tahun ajaran 2013/2014
b.    Terdaftar sebagai siswa SMA N 01 Tekarang
Berdasarkan dari karakteristik di atas maka kami mendapatkan jumlah populasi sebanyak 72 siswa. dengan sebarannya sebagai berikut :
TABEL 1.1
SEBARAN POPULASI PENELITIAN
NO
KELAS
JENIS KELAMIN
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
1
XA
14
20
34
2
XB
18
20
38
JUMLAH
32
40
72

B.  Sampel
       Menurut Sutrisno Hadi (1986:221) menyatakan bahwa “Sampel adalah sebagai bagian dari populasi”. Dalam pengambilan sampel dari 72 siswa, digunakan teknik random yang teknik pengambilan sampel dengan acak.


2)   Metode penelitian
     Dalam sebuah penelitian, peneliti dimungkinkan untuk memilih metode apa saja, karana memag banyak sekali metode yang dapat digunakan, dalam penelitian ini kami menggunakan metode deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidikai dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya.

3)   Teknik Pengumpulan Data
     Teknik pengumpulan data ini juga merupakan ssuatu hal yang harus diperhatikan dalam setiap penelitian, disamping penggunaan metode. Dalam penelitian ini kami menggunakan teknik observasi atau pengamatan yang merupakan teknik pengumpulan data yang cara melakukan pengamatan terhadap objek penelian secara langsung di lapangan.




Bab 2
a.    Facebook
          Menurut Wikipedia facebook adalah jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau teman lama, keluarga dan lain-lain tanpa terhalang oleh jarak tempat. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak fitur hiburanyang tersedia secara gratis
              Bagi anak remaja seperti siswa atau pelajar facebook juga difungsikan sebagai ajang narsis biar eksis. Diantara dengan menguploud koleksi foto pribadinya yang biasanya tidak jarang merupakan hasil editan. Bagi yang tak suka narsis dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau gambar binatang lucu untuk foto profilnya.
              Adapun kekurangan-kekuragan dari facebook bagi penggunanya adalah antara lain :
a.       Kerjaan terbengkalai
b.      Meningkatkan rasa cemburu diantara sepasang kekasih atau suami/istri
c.       Menimbulkan pertengkaran keluarga
d.      Tempat terjadinya kejahatan
Sedangkan keuntungan dari facebook adalah antara lain :
a.       Menjalin silaturahmi
b.      Tempat belajar
c.       Refreshing
d.      Bisnis
e.       Tempat curhat
              Dari kerugian dan keuntungan diatas dapat kami simpulkan bahwa cara mengatasi pengaruh facebook terhadap motivasi belajar adalah Menggunakan fecebook untuk hal yang positif seperti sebagai tempat untuk bersilaturahmi, sebagai tempat untuk berbisnis, sebagai tempat untuk belajar dan lain sebagainya.

b.    Motivasi belajar
              Motivasi berasal dari kata motive yang berarti rangsangan, dorongan atau pembangkit tenaga bagi terjadinya tingkah laku. Menurut Sardirman A.M (1986:73) menyatakan bahwa motivasi adalah perubahan dalam diri seseorang yang ditandai dengan adanya ‘feeling’ dan didahului dengan tanggapan-tanggapan terhadap tuuan.

Bab 3
a.    Waktu dan tanggal penelitian
              Penelitian ini kami lakukan tidak hanya sehari mengingat tugas ini memerlukan sesuatu yang nyata atau sesuatu yang benar-benar terjadi . kami memulai melakukan penelitian ini sejak diberikan tugas ini kepada kami.

b.    Prosedur pelaksanaan penelitian
              Penelitian ini kami lakukan dengan menentukan topik yang mudah untuk dicari subjek dan odjeknya, kemudian kami melakukan observasi langsung di lapangan, setelah kami mendapatkan data lalu kami olah data tersebut, lalu didapatlah hasil dari penelitian kami.





Bab 4
a.    Hasil pengolahan data
              Berdasarkan hasil pengolahan data yang kami lakukan maka didapat hasil pengolahan data sebagai berikut dan yang banyak mendapat pengaruh dari facebook adalah pengguna facebook yang aktif, baik pengaruh baik atau buruk :
TABEL 1.2
HASIL PENGOLAHAN DATA
NO
KELAS
PENGGUNA FACEBOOK
AKTIF
PASIF
1
XA
25
9
2
XB
28
10
JUMLAH
53
19

Bab 5
a.    Simpulan
              Dari hasil penelitian yang kami teliti dapat di simpulkan bahwa facebook sangat mempengaruhi proses belajar siswa atau motivasi siswa. Tidak hanya itu facebook juga membawa pengaruh positif atau keuntungan dan pengaruh negatif atau kerugian bagi penggunanya khususnya siswa.
b.    Saran
Materi penelitian ini tentang dampak facebook terhadap motivasi belajar masih perlu dilengkapi, didalamnya masih banyak terdapat kekurangan disebabkan keterbatasan yang dimiliki oleh penyusun. Kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan serta semua pihak yang membaca makalah ini, agar memberi masukan sehingga makalah ini dapat lebih bermanfaat serta mudah dimengerti.



Daftar Pustaka
              Atik Catur Budiati.2009.Sosiologi Kontekstual untuk SMA & MA.Jakarta:Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.
              Johnson, Doyle Paul (Penerjemah Robert M.Z. Lawang).1986.Teori Sosiologo Kalsik dan Modern Jilid I dan II.Jakarta:Gramedia.



No comments: