Makalah Sosiologi
Dampak Facebook terhadap Motivasi Belajar
Guru Mata Pelajaran : Asnorili,S.Sos
Dibuat oleh :
Rubiah
Saleh
Sari Yusnani
Usulan Penelitian Diajukan untuk memenuhi Tugas Akhir semester
Departemen Pendidikan Nasional
SMAN 01 Tekarang
Kelas XII IS1
Tahun ajaran 2013/2014
Kata Pengantar
Puji syukur Kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nyalah Kami
dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul DAMPAK FACEBOOK TERHADAP MOTIVASI
BELAJAR. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Asnorili selaku guru mata
pelajaran sosiologi yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna
dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai dampak penggunaan
fecebook terhadap motivasi belajar baik keuntungan maupun kerugiannya.
Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam
tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan. Untuk itu, kami berharap adanya
kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang, mengingat
tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membangun. Semoga makalah ini
dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Rambayan,12
Februari 2014
Bab 1
1. Latar Belakang Masalah
Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan.
Sifatnya mutlak, baik bagi seseorang, keluarga, bangsa dan negara. Maju
mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh pendidikan.
Mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan manusia, maka pendidikan harus
dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang optimal.
Sekolah mempunyai peran penting dalam membimbing, mendidik, melatih dan
mengajar pengajar menuju manusia seutuhnya. Maka dari itu perlu adanya motivasi
belajar agar pelajar mampu menjadi manusia seutuhnya. Selain motivasi belajar
fasilitas, teknologi dan alat bantu belajar seperti internet juga tidak kalah
penting untuk meningkatkan pendidikan.
Internet adalah suatu jaringan yang membantu seseorang atau pelajar untuk
mencari sesuatu yang diinginkannya. Dengan internet seseorang atau pelajar
dapat dengan mudah mendapatkan yang diinginkannya tanpa harus membuang tenaga
atau sejenisnya untuk mencari keinginannya tersebut.
Seiring berjalannya waktu internet juga semakin canggih dengan adanya aplikasi
facebook yang dapat menghubungkan seseorang dengan seseorang yang berada di
seluruh dunia. Sehingga tidak jarang facebook dapat mempengeruhi motivasi
pelajar baik itu keuntungan maupun kerugiannya.
2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka di dapat rumusan masalah sebagai
berikut :
1) Apa keuntungan dari facebook
terhadap pelajar ?
2) Apa kekurangan dari facebook
terhadap pelajar ?
3) Bagaimana mengatasi agar
pelajar tidak terpengaruh terhadap facebook ?
3. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka di dapat tujuan dari penelitian ini
adalah sebagai berikut :
1) Dapat mengetahui keuntungan
dan kekurangan dari facebook.
2) Dapat mangatasi pengaruh
dari facebook.
4. Hipotesis
Hipotesis merupakan pendapat yang kebenarannya masih rendah atau kadar
kebenarannya masih belum meyakinkan. Kebenaran pendapat tersebut masih perlu
diuji atau dibuktikan, yang dilakukan dengan bukti-bukti secara empiris, dengan
cara melalui data atau fakta-fakta dilapangan.
Menurut Hadari nawawi ( 1987:37 ) menyatakan “ Hipotesis adalah kesimpulan
sementara yang dirumuskan secara cermat atas dasar pemikiran dalam landasan
teori”. Dalam penelitian ini dirumuskan 2 bentuk hipotesis yaitu Hipotesis
alternatif (Ha) yang menyatakan adanya pengaruh antara variabel bebas dengan
variabel terikat yang diteliti dan Hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak
adanya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat.
Adapun rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1) Hipotesis Alternatir (Ha)
Terdapat pengaruh
antara facebook dengan motivasi belajar.
2) Hipotesis Nol (Ho)
Tidak terdapat pengaruh
antara facebook dengan motivasi belajar.
5. Ruang lngkup Penelitian
Dalam penelitian yang kami teliti ini agar jelas ruang lingkupnya maka kami
membatasi penelitian kami hanya di kelas Xa dan Xb SMANSA TEKARANG.
6. Metodologi Penelitian
1) Populasi dan Sampel
A. Populasi
Populasi
sangat diperlukan dalam sebuah penelitian, karena dengan populasi itu peneliti
dapat menentukan subyek atau sampel yang selanjutnya dapat digunakan untuk
membuat generalisasi dari hasil penelitian ini. Karena itu masalah populasi
menjadi menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah penelitian.
Dalam
penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa-siswi kelas Xa dan Xb
SMA NSA TEKARANG dengan karakteristik sebagai berikut :
a. Siswa-siswi kelas Xa
dan Xb tahun ajaran 2013/2014
b. Terdaftar sebagai
siswa SMA N 01 Tekarang
Berdasarkan dari karakteristik di atas maka kami
mendapatkan jumlah populasi sebanyak 72 siswa. dengan sebarannya sebagai
berikut :
TABEL 1.1
SEBARAN POPULASI PENELITIAN
NO
|
KELAS
|
JENIS KELAMIN
|
JUMLAH
|
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
|||
1
|
XA
|
14
|
20
|
34
|
2
|
XB
|
18
|
20
|
38
|
JUMLAH
|
32
|
40
|
72
|
B. Sampel
Menurut
Sutrisno Hadi (1986:221) menyatakan bahwa “Sampel adalah sebagai bagian dari
populasi”. Dalam pengambilan sampel dari 72 siswa, digunakan teknik random yang
teknik pengambilan sampel dengan acak.
2) Metode penelitian
Dalam sebuah penelitian,
peneliti dimungkinkan untuk memilih metode apa saja, karana memag banyak sekali
metode yang dapat digunakan, dalam penelitian ini kami menggunakan metode
deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidikai dengan
menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau obyek penelitian pada saat
sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya.
3) Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data
ini juga merupakan ssuatu hal yang harus diperhatikan dalam setiap penelitian,
disamping penggunaan metode. Dalam penelitian ini kami menggunakan teknik
observasi atau pengamatan yang merupakan teknik pengumpulan data yang cara
melakukan pengamatan terhadap objek penelian secara langsung di lapangan.
Bab 2
a. Facebook
Menurut Wikipedia facebook adalah jejaring sosial sebagai media berinteraksi
sosial secara online. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam
situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan
teman, baik itu teman baru atau teman lama, keluarga dan lain-lain tanpa
terhalang oleh jarak tempat. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan banyak
fitur hiburanyang tersedia secara gratis
Bagi anak remaja seperti siswa atau pelajar facebook juga difungsikan sebagai
ajang narsis biar eksis. Diantara dengan menguploud koleksi foto pribadinya
yang biasanya tidak jarang merupakan hasil editan. Bagi yang tak suka narsis
dan eksis biasanya lebih suka menggunakan avatar atau gambar binatang lucu
untuk foto profilnya.
Adapun kekurangan-kekuragan dari facebook bagi penggunanya adalah antara lain :
a. Kerjaan
terbengkalai
b. Meningkatkan
rasa cemburu diantara sepasang kekasih atau suami/istri
c. Menimbulkan
pertengkaran keluarga
d. Tempat
terjadinya kejahatan
Sedangkan keuntungan dari facebook adalah antara
lain :
a. Menjalin
silaturahmi
b. Tempat
belajar
c. Refreshing
d. Bisnis
e. Tempat
curhat
Dari kerugian dan keuntungan diatas dapat kami simpulkan bahwa cara mengatasi
pengaruh facebook terhadap motivasi belajar adalah Menggunakan fecebook untuk
hal yang positif seperti sebagai tempat untuk bersilaturahmi, sebagai tempat
untuk berbisnis, sebagai tempat untuk belajar dan lain sebagainya.
b. Motivasi belajar
Motivasi berasal dari kata motive yang berarti rangsangan, dorongan atau
pembangkit tenaga bagi terjadinya tingkah laku. Menurut Sardirman A.M (1986:73)
menyatakan bahwa motivasi adalah perubahan dalam diri seseorang yang ditandai
dengan adanya ‘feeling’ dan didahului dengan tanggapan-tanggapan terhadap
tuuan.
Bab 3
a. Waktu dan tanggal penelitian
Penelitian ini kami lakukan tidak hanya sehari mengingat tugas ini memerlukan
sesuatu yang nyata atau sesuatu yang benar-benar terjadi . kami memulai
melakukan penelitian ini sejak diberikan tugas ini kepada kami.
b. Prosedur pelaksanaan penelitian
Penelitian ini kami lakukan dengan menentukan topik yang mudah untuk dicari
subjek dan odjeknya, kemudian kami melakukan observasi langsung di lapangan,
setelah kami mendapatkan data lalu kami olah data tersebut, lalu didapatlah
hasil dari penelitian kami.
Bab 4
a. Hasil pengolahan data
Berdasarkan hasil pengolahan data yang kami lakukan maka didapat hasil
pengolahan data sebagai berikut dan yang banyak mendapat pengaruh dari facebook
adalah pengguna facebook yang aktif, baik pengaruh baik atau buruk :
TABEL 1.2
HASIL PENGOLAHAN DATA
NO
|
KELAS
|
PENGGUNA FACEBOOK
|
|
AKTIF
|
PASIF
|
||
1
|
XA
|
25
|
9
|
2
|
XB
|
28
|
10
|
JUMLAH
|
53
|
19
|
Bab 5
a. Simpulan
Dari hasil penelitian yang kami teliti dapat di simpulkan bahwa facebook sangat
mempengaruhi proses belajar siswa atau motivasi siswa. Tidak hanya itu facebook
juga membawa pengaruh positif atau keuntungan dan pengaruh negatif atau
kerugian bagi penggunanya khususnya siswa.
b. Saran
Materi penelitian ini tentang dampak facebook
terhadap motivasi belajar masih perlu dilengkapi, didalamnya masih banyak
terdapat kekurangan disebabkan keterbatasan yang dimiliki oleh penyusun. Kepada
guru mata pelajaran yang bersangkutan serta semua pihak yang membaca makalah
ini, agar memberi masukan sehingga makalah ini dapat lebih bermanfaat serta
mudah dimengerti.
Daftar Pustaka
Atik Catur Budiati.2009.Sosiologi Kontekstual untuk SMA &
MA.Jakarta:Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.
Johnson, Doyle Paul (Penerjemah Robert M.Z. Lawang).1986.Teori Sosiologo
Kalsik dan Modern Jilid I dan II.Jakarta:Gramedia.
No comments:
Post a Comment