Hubungan Ekstrakurikuler dengan Prestasi Belajar - DUNIA INFORMASI

Breaking

Sunday 29 June 2014

Hubungan Ekstrakurikuler dengan Prestasi Belajar

Ekstrakurikuler
a. Pengertian Ekstrakurikuler
Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah bagi siswa yang memiliki minat mengikuti kegiatan tersebut. Melalui bimbingan dan pelatihan guru, kegiatan ekstrakurikuler dapat membentuk sikap positif terhadap kegiatan yang diikuti oleh para siswa.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tantang Pembinaan Kesiswaan (2008:4), kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri. Memperluas diri ini dapat dapat dilakukan dengan memperluas wawasan pengetehuan dan mendorong pembinaan sikap dan nilai-nilai.
Pengertian ekstrakurikuler menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002:291) yaitu suatu kegiatan yang berada di luar program yang tertulis didalam kurikulum seperti latihan kepemimpinan dan pembinaan siswa.
Kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan diluar jam pelajaran wajib, kegiatan ini membirikan keleluasan kepada siswa untuk menentukan kegiatan sesuai dengan bakat dan minat mereka.
Berdasarkan penjelasan tentang ekstrakurikuler tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler adalah kegiatan diluar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah maupun diluar sekolah yang bertujuan untuk memperdalam dan memperkaya pengetahuan siswa, mengenak hubungan antar berbagai pelajaran, serta menyalurkan bakat dan minat.
b. Fungsi dan Tujuan Ekstrakurikuler
Fungsi kegiatan ekstrakurikuler yang dijelaskan oleh Mumuh Sumarna (2006:10) yaitu “ Kegiatan ekstrakurikuler yang dimaksudkan untuk lebih mangaitkan antara pengetahuan yang diperoleh dalam program kurikulum dengan keadan dan kebutuhan lingkungan “. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi ekstrakurikuler adalah sebagai sarana penunjang bagi proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah yang berguna untuk mengaplikasikan teori dan praktik tang telah diperoleh sebagai hasil nyata proses pembelajaran.Semua kegiatan yang dilakukan memiliki tujuan, karena tanpa tujuan yang jelas kegiatan tersebut akan sia-sia. Begitu pula dengan kegiatan ekstrakurikuler tertentu memiliki tujuan tertentu.
Mengenai tujuan dalam ekstrakurikuler dijelaskan oleh Roni Nasridin (2010:12) berikut ini :
1. Siswa dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan  keterampilan mengenai hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.
2. Siswa mampu memanfaatkan pendidikan kepribadian serta mengaitkan pengetahuan yang diperolehnya dalam program kurikulum dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang pembinaan kesiswaan (2008:4), pembinaan kesiswaan memiliki tujuan sebagaimana dijelaskan berikut ini :
1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan secara terpadu yang meliputi bakat, minat dan kreativitas .
2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dari pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan.
3. Mengaktualisasi potensi siswa dalam pencapaian potensi unggulan sesua bakat dan minat.
4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat mandiri.
Dari fungsi dan tujuan di atas tentang kegiatan ekstrakurikuler  maka dapat dikatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler sangat berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Dan dapat juga dikatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Waktu dan  Tanggal Penelitian
Penelitian ini kami lakukan tidak hanya sehari mengingat tugas ini memerlukan sesuatu yang nyata atau sesuatu yang benar-benar terjadi . kami memulai melakukan penelitian ini sejak diberikan tugas ini kepada kami.
2. Prosedur Pelaksanaan Penelitian
Penelitian ini kami lakukan dengan menentukan topik yang mudah untuk dicari subjek dan odjeknya, kemudian kami melakukan observasi langsung di lapangan, setelah kami mendapatkan data lalu kami olah data tersebut, lalu didapatlah hasil dari penelitian kami.
1.Hasil Pengolahan Data
Berdasarkan hasil pengolahan data yang kami lakukan maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekstrakulikuler sangat berhubungan dengan dengan prestasi belajar siswa dan berikut hasil dari penelitian kami yang menunjukkan banyak siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di kelas XI IPA dan XI IPS2  adalah sebagai berikut :
TABEL 1.2
HASIL PENGOLAHAN DATA
KELAS XA SMANSA TEKARANG
NO
KELAS
EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
PMR
SILAT
1
XI IPA
11
6
0
2
XI IPS2
4
3
1
1. Simpulan
Dari hasil penelitian yang kami lakukan dapat disimpilkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi siswa itu berhubungan erat satu dengan yang lainnya. Dapat juga dikatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapan menunjang prestasi belajar siswa.
2. Saran
Materi penelitian ini tentang hubungan kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar masih perlu dilengkapi, didalamnya masih banyak terdapat kekurangan disebabkan keterbatasan yang dimiliki oleh penyusun. Kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan serta semua pihak yang membaca makalah ini, agar memberi masukan sehingga makalah ini dapat lebih bermanfaat serta mudah dimengerti.
Daftar Pustaka
Soerjono Soekanto. 2006.Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Tim Widya Gamma.2010.Panduan Persiapan Mandiri Ujian Nasionaldan Ujian Sekolah SMA/MA IPS 2010/2011.Bandung:Yrama W



No comments: