Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak - DUNIA INFORMASI

Breaking

Sunday, 29 June 2014

Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak

Makalah Sosiologi
Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak
Guru Mata Pelajaran : Asnorili,S.Sos
Dibuat Oleh :
Ardin
Apriana
Bagus

Usulan Penelitian Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester
Departemen Pendidikan Nasional
SMAN 01 Tekarang
Kelas XI IPS1
Tahun ajaran 2013/2014


kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul PERANAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT ANAK. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas akhir semester mata pelajaran sosiologi.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Tidak lupa kami ucapkan rasa terima kasih banyak kepada Bapak Asnorili,S.Sos selaku guru mata pelajaran sosiologi.
Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi pembaca dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

13 Februari 2014



Daftar Isi
Kata Pengantar................................................................................................................... i
Daftar Isi............................................................................................................................. ii
Bab 1
1.    Latar Belakang masalah.................................................................................................... 1
2.    Rumusan Masalah............................................................................................................. 1
3.    Tujuan Penelitian............................................................................................................... 1
4.    Hipotesis.......................................................................................................................... 2
5.    Ruang lingkup Penelitian.................................................................................................... 2
6.    Metodologi Penelitian....................................................................................................... 3
a.  Populasi dan Sampel................................................................................................. 3
b.  Metode Penelitian...................................................................................................... 3
c.  Teknik Pengumpulan Data......................................................................................... 4
Bab 2 
1.    Bakat Anak...................................................................................................................... 5
2.    Faktor yang mempengaruhi bakat anak............................................................................. 5
3.    Peranan orang tua dalam mengembangkan bakat anak....................................................... 6
Bab 3
1.    Waktu dan Tanggal Penelitian........................................................................................... 7
2.    Prosedur Pelaksanaan penelitian........................................................................................ 7
Bab 4
1.    Hasil Pengolahan Data...................................................................................................... 8
Bab 5
1.    Simpulan.......................................................................................................................... 9
2.    Saran............................................................................................................................... 9
Daftar Pustaka................................................................................................................... 10


Bab 1
1.    Latar Belakang Masalah
Anak berbakat (AB) adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk menampilkan potensi yang tinggi biasanya dalam satu bidang seni. Anak berbakat mulai mengalami kesulitan dan kebencian terhadap sekolah pada saat sekolah berupaya untuk menempatkan anak tersebut didalam pola rutinitas.
Itulah bagian masalah yang dihadapi anak berbakat. kita sebagai calon orang tua sebaiknya harus mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan anak berbakat serta masalah-masalah yang dihadapi.

2.    Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dapat kami simpulkan bahwa rumusan masalahnya adalah :
a.    Bagaimana peranan orang tua dalam mengembangkan bakat anak ?
b.    Apa faktor yang mempengaruhi bakat seorang anak ?

3.    Tujuan Penelitian
Dari rumusan masalah yang didapat dari latar belakang maka kami mendapatkan tujuan dari penelitian yang kami lakukan. Tujuan penelitiannya adalh sebagai berikut :
a.    Mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan bakat anak
b.    Mengetahui faktor yang mempengaruhi anak yang berbakat

4.    Hipotesis
          Hipotesis merupakan pendapat yang kebenarannya masih rendah atau kadar kebenarannya masih belum meyakinkan. Kebenaran pendapat tersebut masih perlu diuji atau dibuktikan, yang dilakukan dengan bukti-bukti secara empiris, dengan cara melalui data atau fakta-fakta dilapangan.
          Adapun rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1)   Hipotesis Alternatir (Ha)
Terdapat pengaruh orang tua terhadap bakat anak.
2)   Hipotesis Nol (Ho)
Tidak terdapat pengaruh orang tua terhadap bakat anak.

5.    Ruang lingkup Penelitian
Dalam Sebuah penelitian ruang lingkup juga sangat penting guna untuk membatasi penelitian, dan ruang lingkup penelitian kami adalah di Desa Tanjung Buluh.

6.    Metodologi Penelitian      
d.    Populasi dan Sampel
A.  Populasi
       Populasi sangat diperlukan dalam sebuah penelitian, karena dengan populasi itu peneliti dapat menentukan subyek atau sampel yang selanjutnya dapat digunakan untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian ini. Karena itu masalah populasi menjadi menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah penelitian.
       Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah Desa Tanjung Buluh.
B.  Sampel
       Menurut Sutrisno Hadi (1986:221) menyatakan bahwa “Sampel adalah sebagai bagian dari populasi”. Dalam penelitian ini digunakan teknik random yang teknik pengambilan sampel dengan acak.

e.    Metode Penelitian
       Dalam sebuah penelitian, peneliti dimungkinkan untuk memilih metode apa saja, karana memag banyak sekali metode yang dapat digunakan, dalam penelitian ini kami menggunakan metode deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidikai dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya.

f.     Teknik Pengumpulan Data
     Teknik pengumpulan data ini juga merupakan ssuatu hal yang harus diperhatikan dalam setiap penelitian, disamping penggunaan metode. Dalam penelitian ini kami menggunakan teknik observasi atau pengamatan yang merupakan teknik pengumpulan data yang cara melakukan pengamatan terhadap objek penelian secara langsung di lapangan.


Bab 2
A.  Bakat Anak
          Menurut Sumiawan dan Munandar 1987-1992:78 menyatakan bahwa bakat adalah suatu potensi yang akan muncul setelah memperoleh pengembangan danlatihan.
          Sedangkan, Sulaiman 2001:3 menyatakan bahwa anak berbakat adalah anak yang dapat menyelidiki perkara yang baru dan yang asli, kemudian diekpresikan dalam bentuk yang baik.
          Maka dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak untuk menampilkan prestasi dirinya yang akan muncul setelah memperoleh pengembangan dan latihan, sehingga dapat mengetahui karakterstik anak tersebut. Namun kesulitan anak untuk menyelesaikan suatu masalah, dapat diantisipasi dengan memenfaatkan daya pikir anak tersebut.

B.  Faktor yang mempengaruhi bakat anak
a.    Konsep Diri
     Orang dengan konsep positif akan selalu yakin dengan apa yang sedang dilakukannya. itu sebabnya sukses akan lebih mudah ia raih. Konsep diri yang positif akan berlaku apabila anak selalu dihargai berdasarkan potensi actual yang ia miliki.
b.    Motivasi
     Faktor motivasi berhubungan dengan kuatnya daya juang untuk mencapai suatu sasaran tertentu..
c.    Nilai atau Value
     Faktor nilai yaitu bagaimana cara seseorang memberi arti terhadap pekerjaan yang menjadi bakatnya.

C.     Peranan orang tua dalam mengembangkan bakat anak
          Orang tua dapat membantu anak dalam mengembangkan bakatnya antara lain dengan :
a.    Menerima anak sebagai pribadi yang unik, yang mempunyai ciri-ciri khas yang berbeda dari anak-anak lain dan tidak menuntut dari anak untuk selalu melakukan hal-hal yang sama dengan anak-anak lain.
b.    Menumbuhka sikap mandiri dan tanggung jawab terhadap diri sendiri.
c.    Menumbuhkan minat dan rasa ingin tahu anak.
d.    Menumbuhkan kepercayaan diri anak.
e.    Membantu anak mengenal bakat dan kemampuannya dan memberi kesempatan mengembangkannya.
          Dari penelitian yang kami lakukukan bahwa hampir seluruh masyarakat Tanjung Buluh mendukung bakat yang ada pada anaknya.



Bab 3
1.    Waktu dan Tanggal Penelitian
          Penelitian ini kami lakukan tidak hanya sehari mengingat tugas ini memerlukan sesuatu yang nyata atau sesuatu yang benar-benar terjadi . kami memulai melakukan penelitian ini sejak diberikan tugas ini kepada kami.

2.    Presedur Pelaksanaan Penelitian
          Penelitian ini kami lakukan dengan menentukan topik yang mudah untuk dicari subjek dan odjeknya, kemudian kami melakukan observasi langsung di lapangan, setelah kami mendapatkan data lalu kami olah data tersebut, lalu didapatlah hasil dari penelitian kami.



Bab 4
1.    Hasil Pengolahan Data
       Dari hasil penelitian yang kami lakukan di dapat bahwa sekitar 70 % untuk anak yang mengetahui bakatnya dan 30 % untuk anak yang tidak mengetahui bakatnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian kami adalah hampir seluruh anak di desa Tanjung Buluh mengetahui bakatnya disertai dengan dukungan dari orang tuanya.
       Sekitar 70 % anak yang talah mengetahui bakatnya bisa dikatakan bahwa ada pengaruh orang tua yang positif seperti dukungan dan dorongan dari orang tua untuk memberi semangat kepada anaknya.
       Sedangkan yang 30 % anak yang tidak mengetahui bakatnya itu dalah akibat dari tidak adanya dukungan, dorongan dan peranan dari orang tua.

Bab 5
1.    Simpulan
       Dari hasil penelitian yang kami teliti dapat kami simpulkan bahwa orang tua memiliki peranan dalam mengembangkan bakat anaknya. Jika orang tua mendukung anaknya dalam bidang yang positif maka tidak jauh kemungkinan anaknya akan mengetahui bakatnya yang sesungguhnya, begitu juga sebaliknya.

2.    Saran
       Materi penelitian ini tentang peranan orang tua dalam mengembangkan bakat anak masih perlu dilengkapi, didalamnya masih banyak terdapat kekurangan disebabkan keterbatasan yang dimiliki oleh penyusun. Kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan serta semua pihak yang membaca makalah ini, agar memberi masukan sehingga makalah ini dapat lebih bermanfaat serta mudah dimengerti.

Daftar Pustaka
       Taupan,M.2011.Sosiologi Bilingual untuk SMA/MA Kelas XI.Bandung:Yrama Widya.
       Tika,Pabundu,dkk.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial Sosiologi 2 SMA/MA.Jakarta:Bumi Aksara.
       Waridah Q,Siti,J.Sukardi,P.sunarto.2001.Sosiologi (2).Jakarta:Bumi Aksara.


No comments: