Makalah Sosiologi
Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Anak
Guru Mata Pelajaran : Asnorili,S.Sos
Dibuat Oleh :
Ardin
Apriana
Bagus
Usulan Penelitian Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Semester
Departemen Pendidikan Nasional
SMAN 01 Tekarang
Kelas XI IPS1
Tahun ajaran 2013/2014
kata
Pengantar
Puji
syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat
rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul PERANAN ORANG TUA
DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT ANAK. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas akhir
semester mata pelajaran sosiologi.
Kami mengucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan
tepat pada waktunya. Tidak lupa kami ucapkan rasa terima kasih banyak kepada
Bapak Asnorili,S.Sos selaku guru mata pelajaran sosiologi.
Kami menyadari bahwa dalam
penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah
ini.
Semoga makalah ini memberikan
informasi bagi pembaca dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan
peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
13 Februari 2014
Daftar
Isi
Kata Pengantar...................................................................................................................
i
Daftar
Isi.............................................................................................................................
ii
Bab 1
1. Latar Belakang
masalah....................................................................................................
1
2. Rumusan
Masalah.............................................................................................................
1
3. Tujuan
Penelitian...............................................................................................................
1
4. Hipotesis..........................................................................................................................
2
5. Ruang lingkup
Penelitian....................................................................................................
2
6. Metodologi
Penelitian.......................................................................................................
3
a. Populasi dan
Sampel.................................................................................................
3
b. Metode
Penelitian......................................................................................................
3
c. Teknik Pengumpulan
Data.........................................................................................
4
Bab 2
1. Bakat
Anak......................................................................................................................
5
2. Faktor yang mempengaruhi bakat
anak.............................................................................
5
3. Peranan orang tua dalam mengembangkan
bakat anak....................................................... 6
Bab 3
1. Waktu dan Tanggal
Penelitian...........................................................................................
7
2. Prosedur Pelaksanaan
penelitian........................................................................................
7
Bab 4
1. Hasil Pengolahan
Data......................................................................................................
8
Bab 5
1. Simpulan..........................................................................................................................
9
2. Saran...............................................................................................................................
9
Daftar
Pustaka...................................................................................................................
10
Bab 1
1. Latar
Belakang Masalah
Anak berbakat (AB) adalah mereka
yang memiliki kemampuan untuk menampilkan potensi yang tinggi biasanya dalam
satu bidang seni. Anak berbakat mulai mengalami kesulitan dan kebencian
terhadap sekolah pada saat sekolah berupaya untuk menempatkan anak tersebut
didalam pola rutinitas.
Itulah bagian masalah yang
dihadapi anak berbakat. kita sebagai calon orang tua sebaiknya harus mengetahui
hal-hal yang berkaitan dengan anak berbakat serta masalah-masalah yang dihadapi.
2. Rumusan
Masalah
Dari latar belakang di atas dapat
kami simpulkan bahwa rumusan masalahnya adalah :
a. Bagaimana peranan orang tua dalam
mengembangkan bakat anak ?
b. Apa faktor yang mempengaruhi bakat
seorang anak ?
3. Tujuan
Penelitian
Dari rumusan masalah yang didapat
dari latar belakang maka kami mendapatkan tujuan dari penelitian yang kami
lakukan. Tujuan penelitiannya adalh sebagai berikut :
a. Mengetahui peran orang tua dalam
mengembangkan bakat anak
b. Mengetahui faktor yang mempengaruhi
anak yang berbakat
4. Hipotesis
Hipotesis merupakan pendapat yang kebenarannya masih rendah atau kadar
kebenarannya masih belum meyakinkan. Kebenaran pendapat tersebut masih perlu
diuji atau dibuktikan, yang dilakukan dengan bukti-bukti secara empiris, dengan
cara melalui data atau fakta-fakta dilapangan.
Adapun rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1) Hipotesis Alternatir (Ha)
Terdapat pengaruh orang tua
terhadap bakat anak.
2) Hipotesis Nol (Ho)
Tidak terdapat pengaruh orang tua
terhadap bakat anak.
5. Ruang
lingkup Penelitian
Dalam Sebuah penelitian ruang
lingkup juga sangat penting guna untuk membatasi penelitian, dan ruang lingkup
penelitian kami adalah di Desa Tanjung Buluh.
6. Metodologi
Penelitian
d. Populasi
dan Sampel
A. Populasi
Populasi sangat diperlukan dalam sebuah penelitian, karena dengan populasi itu
peneliti dapat menentukan subyek atau sampel yang selanjutnya dapat digunakan
untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian ini. Karena itu masalah
populasi menjadi menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah penelitian.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah Desa Tanjung Buluh.
B. Sampel
Menurut Sutrisno Hadi (1986:221) menyatakan bahwa “Sampel adalah sebagai bagian
dari populasi”. Dalam penelitian ini digunakan teknik random yang teknik
pengambilan sampel dengan acak.
e. Metode
Penelitian
Dalam sebuah penelitian, peneliti dimungkinkan untuk memilih metode apa saja,
karana memag banyak sekali metode yang dapat digunakan, dalam penelitian ini
kami menggunakan metode deskriptif yaitu prosedur pemecahan masalah yang
diselidikai dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek atau obyek
penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau
sebagaimana adanya.
f. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan data ini juga merupakan ssuatu hal yang harus diperhatikan dalam
setiap penelitian, disamping penggunaan metode. Dalam penelitian ini kami
menggunakan teknik observasi atau pengamatan yang merupakan teknik pengumpulan
data yang cara melakukan pengamatan terhadap objek penelian secara langsung di
lapangan.
Bab 2
A. Bakat Anak
Menurut Sumiawan dan Munandar 1987-1992:78 menyatakan bahwa bakat adalah suatu
potensi yang akan muncul setelah memperoleh pengembangan danlatihan.
Sedangkan, Sulaiman 2001:3 menyatakan bahwa anak berbakat adalah anak yang
dapat menyelidiki perkara yang baru dan yang asli, kemudian diekpresikan dalam
bentuk yang baik.
Maka dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak untuk
menampilkan prestasi dirinya yang akan muncul setelah memperoleh pengembangan
dan latihan, sehingga dapat mengetahui karakterstik anak tersebut. Namun
kesulitan anak untuk menyelesaikan suatu masalah, dapat diantisipasi dengan
memenfaatkan daya pikir anak tersebut.
B. Faktor
yang mempengaruhi bakat anak
a. Konsep Diri
Orang
dengan konsep positif akan selalu yakin dengan apa yang sedang dilakukannya.
itu sebabnya sukses akan lebih mudah ia raih. Konsep diri yang positif akan
berlaku apabila anak selalu dihargai berdasarkan potensi actual yang ia miliki.
b. Motivasi
Faktor
motivasi berhubungan dengan kuatnya daya juang untuk mencapai suatu sasaran
tertentu..
c. Nilai atau Value
Faktor
nilai yaitu bagaimana cara seseorang memberi arti terhadap pekerjaan yang
menjadi bakatnya.
C. Peranan
orang tua dalam mengembangkan bakat anak
Orang tua dapat membantu anak dalam mengembangkan bakatnya antara lain dengan :
a. Menerima anak sebagai pribadi yang
unik, yang mempunyai ciri-ciri khas yang berbeda dari anak-anak lain dan tidak
menuntut dari anak untuk selalu melakukan hal-hal yang sama dengan anak-anak
lain.
b. Menumbuhka sikap mandiri dan tanggung
jawab terhadap diri sendiri.
c. Menumbuhkan minat dan rasa ingin tahu
anak.
d. Menumbuhkan kepercayaan diri anak.
e. Membantu anak mengenal bakat dan
kemampuannya dan memberi kesempatan mengembangkannya.
Dari penelitian yang kami lakukukan bahwa hampir seluruh masyarakat Tanjung
Buluh mendukung bakat yang ada pada anaknya.
Bab 3
1. Waktu
dan Tanggal Penelitian
Penelitian ini kami lakukan tidak hanya sehari mengingat tugas ini memerlukan
sesuatu yang nyata atau sesuatu yang benar-benar terjadi . kami memulai
melakukan penelitian ini sejak diberikan tugas ini kepada kami.
2. Presedur
Pelaksanaan Penelitian
Penelitian ini kami lakukan dengan menentukan topik yang mudah untuk dicari
subjek dan odjeknya, kemudian kami melakukan observasi langsung di lapangan,
setelah kami mendapatkan data lalu kami olah data tersebut, lalu didapatlah hasil
dari penelitian kami.
Bab 4
1. Hasil
Pengolahan Data
Dari hasil penelitian yang kami lakukan di dapat bahwa sekitar 70 % untuk anak yang
mengetahui bakatnya dan 30 % untuk anak yang tidak mengetahui bakatnya. Jadi
dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian kami adalah hampir seluruh anak
di desa Tanjung Buluh mengetahui bakatnya disertai dengan dukungan dari orang
tuanya.
Sekitar 70 % anak yang talah mengetahui bakatnya bisa dikatakan bahwa ada
pengaruh orang tua yang positif seperti dukungan dan dorongan dari orang tua
untuk memberi semangat kepada anaknya.
Sedangkan yang 30 % anak yang tidak mengetahui bakatnya itu dalah akibat dari
tidak adanya dukungan, dorongan dan peranan dari orang tua.
Bab 5
1. Simpulan
Dari hasil penelitian yang kami teliti dapat kami simpulkan bahwa orang tua
memiliki peranan dalam mengembangkan bakat anaknya. Jika orang tua mendukung
anaknya dalam bidang yang positif maka tidak jauh kemungkinan anaknya akan
mengetahui bakatnya yang sesungguhnya, begitu juga sebaliknya.
2. Saran
Materi penelitian ini tentang peranan orang tua dalam mengembangkan bakat anak
masih perlu dilengkapi, didalamnya masih banyak terdapat kekurangan disebabkan
keterbatasan yang dimiliki oleh penyusun. Kepada guru mata pelajaran yang
bersangkutan serta semua pihak yang membaca makalah ini, agar memberi masukan
sehingga makalah ini dapat lebih bermanfaat serta mudah dimengerti.
Daftar Pustaka
Taupan,M.2011.Sosiologi Bilingual untuk SMA/MA Kelas XI.Bandung:Yrama
Widya.
Tika,Pabundu,dkk.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial Sosiologi 2 SMA/MA.Jakarta:Bumi
Aksara.
Waridah Q,Siti,J.Sukardi,P.sunarto.2001.Sosiologi (2).Jakarta:Bumi
Aksara.
No comments:
Post a Comment