Definisi Fakta Dalam Matematika - DUNIA INFORMASI

Breaking

Saturday 22 July 2017

Definisi Fakta Dalam Matematika


Matematika mempunyai objek kajian yang bersifat abstrak, walaupun tidak setiap yang abstrak adalah matematika. Sementara beberapa matematikawan menganggap bahwa objek matematika itu konkret dalam pikiran mereka, maka kita dapat menyebut objek matematika secara lebih tepat sebagai objek mental atau pikiran (Bahrudin, 2015:9). Ada beberapa objek kajian dalam matematika, salah satunya yaitu fakta. Fakta dapat dikatakan berupa konvensi-konvensi yang diungkap dengan simbol tertentu. Misalnya simbol bilangan "3" secara umum sudah dipahami sebagai bilangan "tiga" (Susanto, 2012:118). Sedangkan menurut Valentino ( 2016:57) fakta sebagai objek matematika juga bisa berupa kesepakatan. Kesepakatan ini diperlukan agar ada kesamaan dalam memahami objek matematika. Misal, ada sebuah soal menentukan hasil dari 2 + 3 × 4; Apakah hasilnya adalah 20 karena operasi penjumlahan didahulukan, ataukah hasilnya 24 karena operasi perkalian didahulukan. Untuk menghindari terjadinya kebingungan di dalam menentukan kebenaran dua jawaban tersebut, diperlukan adanya kesepakatan di antara para matematikawan. Bisa diktakan fakta adalah semua kesepakatan dalam matematika, seperti simbol-simbol yang ada dalam matematika. Siswa dikatakan mengetahui fakta apabila ia telah dapat menyebutkan dan menggunakannya secara tepat. 
Sumber :
Bahrudin (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa Kelas 3 Melalui Melalui Metode Pembelajaran KooperatifTipe TGT (Teams Games Tournaments) di M.I. Darul Muqinin Sukabumi. Skripsi .Universitas Islam Nergeri Jakarta.
http://repository.uinjkt.ac.id. Di unduh pada 20 Juli 2017

Susanto, Agus. (2012). Nilai Matematika Dan Pendidikan Matematika dalam Pembentukan Kepribadian. Jurnal. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
http://journal.um.ac.id. Di unduh pada 19 juli 2017

Valentino, Erik (2016). Analisis Kesalahan Buku Siswa Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester I Kurikulum 2013. Jurnal. STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
            http://www.kopertis7.go.id/ . Di unduh 19 juli 2018

No comments: