Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13 - DUNIA INFORMASI

Breaking

Tuesday, 8 August 2017

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


   Nama Sekolah                      : SMA Negeri 4 Singkawang
   Mata Pelajaran                   : Matematika
   Kelas / Semester                  : XI IPS 2  / Ganjil
   Alokasi Waktu                     : 2 x 45 Menit (2 jam pelajaran)
   Pertemuan Ke                      : 3

A.      Standar Kompetensi
1.      Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.3  Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya

C.     Indikator
1.      Menghitung ukuran penyebaran data seperti jangkauan, simpangan kuartil.
2.      Menentukan simpangan rata-rata, variansi (ragam) serta simpangan baku.

D.     Tujuan  Pembelajaran
1.      Peserta didik dapat menentukan ukuran penyebaran data jangkauan, simpangan kuartil
2.      Peserta didik dapat menentukan simpangan rata-rata, variansi (ragam) serta simpangan baku.

E.     Karakter Siswa yang Diharapkan :             Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian( respect)
Tekun( diligence )
Tanggung jawab( responsibility)
F.      Model pembelajaran   :   kooperatif tipe Numbered Head Together
Metode pembelajaran : - diskusi
                                        - tanya jawab
                                        -penugasan/pemberian tugas kelompok 
G.     Langkah-langkah Kegiatan
      No
KEGIATAN PENDIDIK
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
a.       Mengucapkan salam
b.      Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c.       Mengabsen Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli Sosial).
d.      Apersepsi :
-Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
e.       Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
f.       Menjelaskn kepada peserta didik tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar peserta didik mengenal dan memahamimya.(NK: rasa ingin tahu)

15 menit
KEGIATAN INTI
1.  Eksplorasi
a.    Membuat peserta didik kedalam beberapa kelompok.
b.    Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari  dari aneka sumber;
c.    Menjelaskan materi dan memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, dan sumber belajar lainnya;
d.    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
2.  Elaborasi
a.    Memberikan latihan kepada peserta didik untuk dikerjakan secara berkelompok.

Nilai
F
50-59
60-69
70-79
80-89
90-99
7
10
15
12
6
Jumlah
50

  • Standar deviasi (simpangan baku) dari data 4,6,7,6,3,4 adalah…
  • menentukan jangkauan, simpangan kuartil,simpangan rata-rata, variansi (ragam) serta simpangan baku.
b.    Memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk mengerjakan soal-soal latihan dengan waktu yang ditentukan.
c.    Memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing Peserta Didik yang mengalami kesulitan
3.  Konfirmasi
a.    Meminta perwakilan kelompok yang terpilih, untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
b.    Memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
c.    Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
d.    Setelah diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi (NK:Tanggung jawab)
60 menit
PENUTUP
a.    Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
b.    Memberikan point kepada kelompok yang terbaik (NK: Menghargai Prestasi)
c.    mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan mengucapkan  salam(NK: Religius)
15menit

H.    Sumber dan Alat Pembelajaran
1.      Sumber :
a.       Buku paket matematika SMA dan MA untuk kelas XI semester 1
b.      Buku yang  relevan untuk SMA/MA kelas XI
2.      Alat : Papan tulis, spidol, penghapus.

I.      Penilaian

1.      Bentuk Instrumen              : Uraian

No comments: