RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA
Negeri 4 Singkawang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XI IPS 2
/ Ganjil
Alokasi Waktu :
2 x 45 Menit (2 jam pelajaran)
Pertemuan Ke :
3
A. Standar Kompetensi
1. Menggunakan aturan statistika,
kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi
Dasar
1.3 Menghitung ukuran pemusatan,
ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta menafsirkannya
C. Indikator
1. Menghitung ukuran penyebaran data seperti jangkauan,
simpangan kuartil.
2. Menentukan
simpangan rata-rata, variansi (ragam) serta simpangan
baku.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menentukan ukuran penyebaran data jangkauan,
simpangan kuartil
2. Peserta didik dapat menentukan simpangan rata-rata, variansi
(ragam) serta simpangan baku.
E. Karakter Siswa yang Diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan
perhatian( respect)
Tekun( diligence
)
Tanggung jawab( responsibility)
F. Model
pembelajaran
: kooperatif tipe Numbered Head
Together
Metode
pembelajaran : - diskusi
- tanya
jawab
-penugasan/pemberian tugas kelompok
G.
Langkah-langkah Kegiatan
No
|
KEGIATAN PENDIDIK
|
ALOKASI WAKTU
|
||||||
PENDAHULUAN
|
a. Mengucapkan salam
b. Meminta siswa untuk berdoa(NK : religius)
c. Mengabsen Kehadiran Peserta didik (NK:Peduli
Sosial).
d. Apersepsi
:
-Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dipelajari.
e. Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
f.
Menjelaskn kepada peserta didik
tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar peserta didik
mengenal dan memahamimya.(NK: rasa ingin tahu)
|
15 menit
|
||||||
KEGIATAN INTI
|
1.
Eksplorasi
a. Membuat peserta didik kedalam beberapa kelompok.
b. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka
sumber;
c. Menjelaskan materi dan memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, dan
sumber belajar lainnya;
d. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
2.
Elaborasi
a. Memberikan latihan kepada peserta didik untuk
dikerjakan secara berkelompok.
b. Memberikan kesempatan kepada Peserta Didik untuk
mengerjakan soal-soal latihan dengan waktu yang ditentukan.
c. Memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing
Peserta Didik yang mengalami kesulitan
3.
Konfirmasi
a. Meminta perwakilan kelompok yang terpilih, untuk
mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.
b. Memberikan umpan balik/ mengkonfirmasi jawaban
peserta didik (NK: Menghargai prestasi)
c. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
d. Setelah
diskusi Pendidik Memeriksa hasil diskusi atas jawaban kelompok dalam diskusi
(NK:Tanggung jawab)
|
|||||||
60 menit
|
||||||||
PENUTUP
|
a. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b. Memberikan point kepada kelompok yang terbaik (NK:
Menghargai Prestasi)
c. mengakhiri pembelajaran pada pertemuan ini dengan
mengucapkan salam(NK: Religius)
|
15menit
|
H. Sumber
dan Alat Pembelajaran
1. Sumber :
a. Buku paket matematika
SMA dan MA untuk
kelas XI semester 1
b. Buku yang relevan
untuk SMA/MA kelas XI
2. Alat : Papan tulis, spidol,
penghapus.
I. Penilaian
1. Bentuk Instrumen : Uraian
No comments:
Post a Comment