BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Umat muslim, dalam hidupnya berpegang teguh pada Al Qur’an dan Al Hadist sebagai pedoman hidupnya. Dari kedua pedoman tersebut, umat muslim tidak perlu khawatir dalam menjalani persoalan hidup. Segala apa yang menjadi persoalan, solusi, peringatan, kebaikan dan ancaan termuat di dalam pedoman tersebut. Bahkan dalam Al-Qur’andan Al Hadist permasalahan politik juga tertuang didalamnya.
Diantaranya membahas: prinsip politik islam, prinsip politik luar negeri islam. Baik politik luar negeri dalam keadaan damai maupun dalam keadaan perang.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Pergerakan yang berada di Indonesia
2. Asas-asas sistem politik dalam Islam
3. Prinsip-prinsip sistem politik
4. Tujuan politik dalam islam
5. Eksistensi Islam dan Hukum islam dalam sistem hukum di Indonesia
C. TUJUAN
1.
Memberikan penjelasan tentang Pergerakan
yang berada di
indonesia
2.
Memberikan Penjelasan tentang Hukum
islam dalam sistem
hukum di indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
A. PRINSIP-PRINSIP UTAMA SISTEM
POLITIK
ISLAM
1. MUSYAWARAH
Asas musyawarah yang paling utama adalah berkenaan dengan
pemilihan ketua negara dan oarang-oarang yang akan menjawab tugas-tugas utama dalam pentatbiran ummat. Asas musyawarah yang kedua adalah berkenaan dengan penentuan jalan dan cara pelaksanaan undang-undang yang telah dimaktubkan di dalam Al-Quran dan As-Sunnah. Asas musyawarah yang seterusnya ialah berkenaan dengan
jalan-jalan bagi menetukan perkara-perkara baru yang timbul dikalangan ummat melalui proses ijtihad.
2. KEADILAN
Prinsip ini adalah berkaitan dengan keadilan sosial yang dijamin oleh sistem sosial dan sistem ekonomi Islam. Dalam pelaksanaannya
yang luas, prinsip keadilan yang terkandung dalam sistem politik Islam meliputi dan merangkumi segala jenis perhubungan yang berlaku dalam kehidupan manusia, termasuk keadilan di antara rakyat dan pemerintah, di antara dua pihak yang bersengketa di hadapan pihak pengadilan, di antara pasangan suami
isteri dan di antara ibu bapak dan anak-anaknya.
3. KEBEBASAN
Kebebasan yang diipelihara oleh sistem politik Islam ialah kebebasan yang berteruskan kepada makruf dan kebajikan. Menegakkan prinsip kebebasan yang sebenar adalah tujuan terpenting bagi sistem politik
dan pemerintahan Islam serta menjadi asas-asas utama bagi
undang-undang perlembagaan
negara Islam.
4. PERSAMAAN
Persamaan di sini terdiri dari pada persamaan dalam mendapatkan dan menuntut hak, persamaan dalam memikul tanggung jawab menurut peringkat-peringkat yang ditetapkan oleh undang-undang perlembagaan dan persamaan berada di bawah kuatkuasa undang-undang.
5. HAK MENGHISAB PIHAK PEMERINTAH
Hak rakyat untuk menghisab pihak pemerintah dan hak mendapat penjelasan terhadap tindak tanduknya. Prinsip ini berdasarkan kepada kewajiban pihak pemerintah untuk melakukan
musyawarah dalam hal-hal yang berkaitan dengan urusan dan pentatbiran negara dan ummat. Hak rakyat untuk disyurakan adalah bererti kewajipan setiap anggota dalam masyarakat untuk menegakkan kebenaran dan menghapuskan kemungkaran. Dalam pengertian yang luas, ini juga bererti
bahawa rakyat
berhak untuk mengawasi dan menghisab tindak tanduk dan keputusan-keputusan
pihak pemerintah.
B. TUJUAN
POLITIK MENURUT
ISLAM
Tujuan sistem politik Islam adalah untuk membangunkan sebuah sistem
pemerintahan
dan kenegaraan yang tegak di atas dasar untuk melaksanakan seluruh hukum syariat Islam. Tujuan utamanya ialah menegakkan sebuah negara
Islam atau Darul Islam. Dengan adanya pemerintahan yang mendukung syariat, maka akan
tertegaklah Ad-Dindan berterusanlah segala urusan manusia menurut tuntutan-tuntutan Ad-Dintersebut. Para fuqahak Islam telah menggariskan 10 perkara
penting sebagai tujuan kepada sistem politik dan pemerintahan Islam:
– Memelihara keimanan menurut prinsip-prinsip yang telah
disepakati oleh ulamak salaf daripada kalangan umat Islam.
– Melaksanakan proses pengadilan dikalangan rakyat dan menyelesaikan masalah dikalangan orang-orang yang berselisih.
– Menjaga keamanan daerah-daerah Islam agar manusia dapat hidup dalam keadaan aman dan damai.
– Melaksanakan hukuman-hukuman yang telah ditetapkan syarak demi melindungi hak-hak manusia.
– Menjaga perbatasan negara dengan pelbagai persenjataan bagi menghadapi kemungkinan serangan daripada pihak luar.
– Melancarkan jihad terhadap
golongan yang menentang
Islam.
– Mengendalikan urusan pengutipan
cukai, zakat, dan sedekah
sebagaimana yang ditetapkan syarak.
– Mengatur anggaran belanjawan dan perbelanjaan daripada perbendaharaan negara agar tidak digunakan secara boros atau kikir.
– Melantik pegawai-pegawai yang cekap
dan jujur bagi mengawal kekayaan negara dan menguruskan hal-ahwal pentadbiran negara.
– Menjalankan pengawalan dan pemeriksaan yang rapi dalam hal-hal awam demi
untuk memimpin negara dan melindungi Ad-Din.
.C.
BUKTI-BUKTI SEJARAH POLITIK ISLAM
1.1. SEJARAH POLITIK
ISLAM MASUK KE INDONESIA
1. WAKTU
Pada baris besarnya ada dua pendapat
tentang mula pertama islam masuk ke Indonesia:
a. Pendapat lama: Abad ke 13
Masehi. Dikemukakan oleh para sarjana lama, antara lain
N.H KRO dan VAN DEN BERG.
Ternyata pendapat lama tersebut mendapat sanggahan dan bantahan.
b. Pendapat baru: Abad
ke 7-8 Masehi.
Para pendapat
baru ini antara lain H. AGUS SALIM,
H.ZAINAL ABBAS: SAYEPALWI BIN TAHIR AL-HADAD , H.M.ZAINUDDIN, HAMKA,
NJUNED PARIDURI, T.W.ARNOLD.
1.2 TEMPAT ASAL PENYEBARAN
ISLAM
Ada
tiga pendapat
mengenai tempat
asal penyebaran
Islam ke Indonesia:
a.
India
(pendapat: SNOUCK HURGRONJ, H, KERAEMER
& VAN DEN BERG)
b.
Persia
(pendapat P.A HOESAIN
DJAJANINGRAT)
c. Arab , Mekah (pendapat Buya
HAMKA)
1.3
PENYEBAR
ISLAM
Ada dua pendapat tentang para penyebar Islam ke Indonesia:
a. Disebarkan oleh para saudagar muslim (MOEN: saudagar persia, HUSEN NAINAR: saudagar India: HAMKA: saudagar Arab)
b. Disebarkan oleh para Mubaligh Muslim (SAYYIR ALWI, VAN DEN BERG)
B. BEBERAPA PERGERAKAN ISLAM DI INDONESIA
– Ada pergerakkan
sosial (yang bergerak dibidang kesosialan dalam Islam). Dan untuk kepentingan Da’wah
dan pendidikan
Islam agar tersebar
luas kemasyarakat.
– Ada pergerakkan politik untuk menghimpun kekuatan agar berkwantitas
dan berkwalitas.
C. EKSTENSI ISLAM DAN HUKUM ISLAM
DALAM SISTEM HUKUM DI INDONESIA
Membahas mengenai
kehidupan beragama
dalam perspektif konstitusi dapat dijelaskan bahwa
setiap warga negara wajib untuk memeluk
dan menjalankan agama,
termasuk Agama Islam. Hal ini
menjadi suatu konsekuensi bagi pemeluk
agama yang bersangkutan wajib menjalankan
syariat agama.
Prinsip-prinsip
Hukum Islam yang dijadikan
landasan fiqih sebagimana dikatakan
oleh Juhaya S. Pradja
yaitu:
1.
Prinsip tauhidullah,
2.
Prinsip insaniyah,
3.
Prinsip tasamuh,
4. Prinsip ta’awun,
5.
Prinsip silaturahim
bain annas,
6.
Prinsip keadilan,
dan
7.
Prinsip kemaslahatan.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Politik merupakan pemikiran yang mengurus
kepentingan
masyarakat. Pemikiran tersebut berupa pedoman, keyakinan hukum atau aktivitas dan informasi. Beberapa prinsip politik islam berisi: mewujudkan
persatuan dan kesatuan
bermusyawarah, menjalankan amanah dan menetapkan hukum secara adil atau dapat dikatakan
bertanggung jawab, mentaati Allah, Rasulullahdan Ulill Amr (pemegang kekuasaan) dan menepati janji. Korelasi pengertian politik islam dengan politik menghalalkan segala cara merupakan dua hal yang sangat bertentangan. Islam menolak dengan tegas mengenai
politik yang menghalalkan segala cara.
Pemerintahan yang otoriter
adalah pemerintahan yang menekan
dan memaksakn
kehendaknya kepada rakyat.
Setiap
pemerintahan harus dapat melindungi, mengayomi masyarakat. Sedangkan
penyimpangan yang terjadi
adalah pemerintahan yang tidak mengabdi pada rakyatnya, menekan
rakyatnya. Sehingga
pemerintahan yang terjadi adalah otoriter.
Yaitu bentuk pemerintahan yang menyimpang dari prinsip-prinsip
islam. Dalam politik
luar negerinya Islam menganjurakan dan menjaga
adanya perdamain. Walaupun
demikan islam juga memporbolehkan adanya perang,
namun dengan sebab yang sudah jelas karena mengancam kelangsungan umat muslim itu
sendiri. Dan perang inipun telah memiliki ketentuan-ketentuan
hukum yang mengaturnya. Jadi tidak sembarangan perang dapat
dilakukan. Politik islam menuju kemaslahatan dan kesejahteraan
seluruh
umat.
B. SARAN
Ada baiknya jika kita mempelajari tentang pemikiran terutama baik tentang pertumbuhannya, hakikatnya, sifat-sifatnya atau tujuan-tujuannya, niscaya ia menyandang sifat ini, yaitu sifatnya sebagai suatu pemikiran politik. Syarat ini merupakan faktor yang terpenting dalam pertumbuhan pemikiran ini.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Jabiri, Muhammad
Abid. 2001. Agama, Negara: Dalam Penerapan Syariah. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
Al-Usairy, Ahmad. 2003. Sejarah Islam: Sejak
Zaman Nabi Adam
Hingga Abad XX. Jakarta: Akbar Media Eka Sarana.
Nasution, Harun,
Prof. Dr. 1974.
Islam: Ditinjau Dari
Berbagai Aspek, Jilid
I. Jakarta: UI
Press.
Pulungan, J.
Suyuthi. Dr. 1993. Fiqh Siyasah:
Ajaran Sejarah Dan
Pemikiran. Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Syadzali, Munawir.
H. M.A. 1990. Islam Dan
Tata Negara, Cet
V. Jakarta: UI
Press.
Syarif, Mujar
Ibnu. Drs.M.Ag. 2003. Hak-Hak
Politik Minoritas Non
Muslim Dalam Komunitas
Islam: Tinjauan Dari
Prespektif Politik Islam. Bandung:
Angkasa.
No comments:
Post a Comment