Politik Dalam Islam - DUNIA INFORMASI

Breaking

Saturday 14 June 2014

Politik Dalam Islam

BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR   BELAKANG
             Umat   muslim,   dalam   hidupnya   berpegang   teguh   pada   Al  Qur’an   dan   Al Hadist sebagai  pedoman  hidupnya.  Dari kedua  pedoman  tersebut,  umat  muslim tidak perlu   khawatir dalam  menjalani  persoalan  hidup.  Segala  apa   yang   menjadi   persoalan,   solusi,   peringatan, kebaikan   dan   ancaan   termuat   di   dalam   pedoman   tersebut.   Bahkan   dalam   Al-Qur’andan  Al Hadist   permasalahan   politik   juga   tertuang  didalamnya.
Diantaranya  membahas:  prinsip  politik  islam,  prinsip  politik  luar  negeri  islam.   Baik   politik luar   negeri   dalam   keadaan   damai   maupun   dalam   keadaan   perang.

B.      RUMUSAN  MASALAH
1.      Pergerakan   yang   berada   di   Indonesia
2.      Asas-asas   sistem   politik  dalam   Islam
3.      Prinsip-prinsip   sistem   politik
4.     Tujuan   politik   dalam   islam
5.    Eksistensi   Islam   dan   Hukum   islam   dalam   sistem   hukum   di  Indonesia

C.      TUJUAN
1.      Memberikan   penjelasan    tentang   Pergerakan  yang  berada  di  indonesia
2.      Memberikan   Penjelasan   tentang  Hukum  islam  dalam  sistem  hukum  di  indonesia
BAB II
PEMBAHASAN

A.   PRINSIP-PRINSIP   UTAMA   SISTEM   POLITIK   ISLAM
1.  MUSYAWARAH
                      Asas   musyawarah   yang   paling   utama   adalah   berkenaan   dengan   pemilihan  ketua  negara  dan   oarang-oarang  yang  akan  menjawab  tugas-tugas  utama  dalam pentatbiran  ummat.  Asas  musyawarah  yang  kedua  adalah  berkenaan  dengan  penentuan jalan  dan  cara  pelaksanaan  undang-undang  yang  telah  dimaktubkan  di  dalam  Al-Quran dan  As-Sunnah.  Asas  musyawarah  yang  seterusnya  ialah  berkenaan  dengan    jalan-jalan bagi   menetukan  perkara-perkara  baru  yang  timbul  dikalangan  ummat  melalui   proses ijtihad.

2.  KEADILAN
                      Prinsip  ini  adalah  berkaitan  dengan  keadilan  sosial  yang  dijamin  oleh  sistem sosial dan  sistem  ekonomi  Islam.  Dalam  pelaksanaannya   yang   luas,  prinsip  keadilan yang  terkandung  dalam  sistem  politik  Islam  meliputi  dan  merangkumi  segala  jenis perhubungan  yang  berlaku  dalam  kehidupan  manusia,   termasuk  keadilan  di  antara rakyat  dan  pemerintah,  di  antara  dua  pihak  yang  bersengketa  di  hadapan  pihak pengadilan,  di  antara   pasangan   suami   isteri   dan   di   antara  ibu  bapak  dan  anak-anaknya.

3.   KEBEBASAN
                      Kebebasan  yang   diipelihara  oleh  sistem  politik   Islam  ialah  kebebasan  yang berteruskan  kepada  makruf  dan  kebajikan.  Menegakkan  prinsip  kebebasan   yang  sebenar  adalah  tujuan  terpenting  bagi  sistem  politik   dan   pemerintahan  Islam  serta menjadi  asas-asas  utama   bagi   undang-undang   perlembagaan   negara   Islam.

4.  PERSAMAAN
                      Persamaan  di  sini  terdiri  dari  pada  persamaan   dalam   mendapatkan  dan menuntut  hak,  persamaan  dalam  memikul  tanggung  jawab  menurut   peringkat-peringkat yang  ditetapkan  oleh  undang-undang  perlembagaan  dan  persamaan  berada  di  bawah kuatkuasa  undang-undang.

5.    HAK  MENGHISAB  PIHAK  PEMERINTAH
                      Hak  rakyat  untuk  menghisab  pihak  pemerintah  dan  hak  mendapat  penjelasan terhadap  tindak  tanduknya.  Prinsip  ini  berdasarkan  kepada  kewajiban   pihak  pemerintah untuk   melakukan   musyawarah  dalam  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  urusan  dan pentatbiran  negara  dan  ummat.  Hak  rakyat  untuk  disyurakan  adalah  bererti   kewajipan setiap   anggota   dalam   masyarakat   untuk   menegakkan   kebenaran   dan   menghapuskan kemungkaran.  Dalam  pengertian  yang  luas,  ini  juga  bererti   bahawa   rakyat   berhak untuk   mengawasi  dan  menghisab  tindak  tanduk  dan  keputusan-keputusan  pihak pemerintah.

B.        TUJUAN   POLITIK   MENURUT   ISLAM
                       Tujuan  sistem  politik  Islam  adalah  untuk  membangunkan  sebuah  sistem pemerintahan  dan  kenegaraan  yang  tegak  di atas  dasar  untuk  melaksanakan  seluruh hukum  syariat  Islam.   Tujuan  utamanya  ialah  menegakkan  sebuah  negara  Islam  atau Darul  Islam.   Dengan  adanya  pemerintahan  yang  mendukung  syariat,  maka  akan tertegaklah   Ad-Dindan  berterusanlah  segala  urusan  manusia  menurut  tuntutan-tuntutan Ad-Dintersebut.  Para  fuqahak  Islam  telah  menggariskan  10  perkara  penting  sebagai tujuan  kepada  sistem  politik  dan  pemerintahan  Islam:
        Memelihara  keimanan  menurut  prinsip-prinsip  yang  telah  disepakati  oleh  ulamak  salaf daripada  kalangan  umat  Islam.
        Melaksanakan  proses  pengadilan  dikalangan  rakyat  dan  menyelesaikan  masalah dikalangan  orang-orang  yang  berselisih.
        Menjaga  keamanan  daerah-daerah  Islam  agar  manusia  dapat  hidup  dalam  keadaan aman  dan  damai.
        Melaksanakan  hukuman-hukuman  yang  telah  ditetapkan  syarak  demi  melindungi  hak-hak  manusia.
        Menjaga  perbatasan  negara  dengan  pelbagai  persenjataan  bagi  menghadapi kemungkinan  serangan  daripada  pihak  luar.
        Melancarkan   jihad   terhadap   golongan   yang   menentang   Islam.
        Mengendalikan  urusan   pengutipan   cukai,  zakat,  dan  sedekah  sebagaimana  yang ditetapkan   syarak.
        Mengatur  anggaran  belanjawan  dan perbelanjaan  daripada  perbendaharaan  negara  agar tidak  digunakan  secara  boros  atau  kikir.
        Melantik  pegawai-pegawai  yang  cekap  dan  jujur  bagi  mengawal  kekayaan  negara  dan menguruskan  hal-ahwal  pentadbiran  negara.
        Menjalankan pengawalan dan pemeriksaan yang rapi dalam hal-hal awam demi untuk memimpin negara dan melindungi  Ad-Din.

.C.   BUKTI-BUKTI SEJARAH POLITIK ISLAM

1.1. SEJARAH POLITIK ISLAM MASUK KE INDONESIA

 1. WAKTU
 Pada baris besarnya ada dua pendapat tentang mula pertama islam masuk ke Indonesia:
                              a.  Pendapat lama: Abad ke 13 Masehi. Dikemukakan oleh para sarjana lama, antara lain  N.H KRO  dan VAN  DEN BERG. Ternyata  pendapat lama tersebut mendapat sanggahan dan bantahan.
                             b.   Pendapat   baru:   Abad   ke   7-8   Masehi.   Para   pendapat   baru   ini   antara  lain   H. AGUS SALIM,   H.ZAINAL    ABBAS:    SAYEPALWI BIN   TAHIR   AL-HADAD , H.M.ZAINUDDIN,   HAMKA,   NJUNED   PARIDURI,    T.W.ARNOLD.

1.2    TEMPAT   ASAL   PENYEBARAN   ISLAM
Ada   tiga   pendapat   mengenai   tempat   asal   penyebaran   Islam   ke   Indonesia:
a.       India   (pendapat:   SNOUCK   HURGRONJ,  H,   KERAEMER   &   VAN  DEN  BERG)
b.      Persia   (pendapat   P.A   HOESAIN   DJAJANINGRAT)
c.    Arab ,   Mekah   (pendapat   Buya   HAMKA)

1.3    PENYEBAR    ISLAM
Ada    dua   pendapat   tentang   para   penyebar   Islam   ke   Indonesia:
                a.   Disebarkan   oleh   para   saudagar   muslim   (MOEN:   saudagar   persia,   HUSEN     NAINAR:   saudagar   India:    HAMKA:   saudagar   Arab)
                b.   Disebarkan   oleh   para   Mubaligh   Muslim  (SAYYIR ALWI,   VAN   DEN   BERG)

B.    BEBERAPA  PERGERAKAN  ISLAM  DI  INDONESIA
        Ada   pergerakkan   sosial   (yang   bergerak  dibidang  kesosialan   dalam   Islam).  Dan  untuk  kepentingan   Da’wah   dan   pendidikan   Islam   agar   tersebar   luas   kemasyarakat.
        Ada  pergerakkan  politik  untuk   menghimpun  kekuatan  agar berkwantitas dan berkwalitas.
     C.  EKSTENSI  ISLAM  DAN  HUKUM  ISLAM  DALAM  SISTEM  HUKUM  DI  INDONESIA
                        Membahas   mengenai   kehidupan   beragama   dalam   perspektif   konstitusi dapat   dijelaskan   bahwa   setiap   warga   negara   wajib   untuk   memeluk   dan  menjalankan  agama,   termasuk   Agama   Islam.   Hal   ini   menjadi   suatu   konsekuensi  bagi   pemeluk   agama   yang   bersangkutan   wajib   menjalankan   syariat   agama.
            Prinsip-prinsip   Hukum   Islam   yang   dijadikan   landasan      fiqih   sebagimana dikatakan   oleh   Juhaya   S. Pradja   yaitu:
            1.      Prinsip   tauhidullah,
            2.      Prinsip   insaniyah,
            3.      Prinsip   tasamuh,
            4.      Prinsip   ta’awun,
            5.      Prinsip   silaturahim   bain   annas,
            6.      Prinsip    keadilan,   dan
            7.      Prinsip    kemaslahatan.
BAB III
PENUTUP
      
A.  KESIMPULAN
                        Politik   merupakan   pemikiran   yang   mengurus    kepentingan    masyarakat. Pemikiran    tersebut    berupa    pedoman,    keyakinan    hukum    atau    aktivitas    dan  informasi.   Beberapa    prinsip     politik    islam    berisi:    mewujudkan    persatuan  dan  kesatuan bermusyawarah,   menjalankan   amanah  dan  menetapkan  hukum  secara  adil  atau  dapat dikatakan   bertanggung   jawab,  mentaati  Allah,  Rasulullahdan  Ulill  Amr  (pemegang kekuasaan)  dan  menepati  janji.  Korelasi  pengertian  politik  islam  dengan  politik menghalalkan   segala   cara   merupakan   dua    hal   yang   sangat   bertentangan.   Islam  menolak   dengan   tegas   mengenai   politik   yang    menghalalkan   segala   cara.
                         Pemerintahan   yang   otoriter   adalah   pemerintahan   yang   menekan   dan  memaksakn   kehendaknya   kepada   rakyat.   Setiap   pemerintahan   harus   dapat   melindungi,  mengayomi   masyarakat.   Sedangkan   penyimpangan   yang   terjadi   adalah   pemerintahan yang   tidak   mengabdi   pada   rakyatnya,   menekan  rakyatnya.   Sehingga   pemerintahan   yang   terjadi   adalah   otoriter.  Yaitu   bentuk    pemerintahan    yang   menyimpang   dari   prinsip-prinsip  islam.   Dalam   politik   luar   negerinya   Islam   menganjurakan   dan   menjaga   adanya perdamain.   Walaupun   demikan   islam   juga   memporbolehkan   adanya   perang,   namun dengan   sebab   yang   sudah   jelas   karena   mengancam   kelangsungan   umat   muslim   itu sendiri.   Dan   perang   inipun   telah   memiliki   ketentuan-ketentuan   hukum   yang mengaturnya.  Jadi  tidak  sembarangan  perang  dapat  dilakukan.  Politik  islam  menuju kemaslahatan   dan   kesejahteraan   seluruh    umat.
B.  SARAN
                        Ada  baiknya  jika   kita   mempelajari   tentang   pemikiran   terutama   baik  tentang   pertumbuhannya,   hakikatnya,   sifat-sifatnya   atau   tujuan-tujuannya,   niscaya   ia  menyandang  sifat   ini,   yaitu   sifatnya   sebagai   suatu   pemikiran   politik.   Syarat   ini  merupakan   faktor   yang   terpenting   dalam   pertumbuhan   pemikiran   ini. 

DAFTAR   PUSTAKA


Al-Jabiri, Muhammad Abid. 2001. Agama, Negara: Dalam Penerapan  Syariah.  Yogyakarta: Fajar  Pustaka  Baru.
 Al-Usairy, Ahmad.  2003. Sejarah  Islam:  Sejak  Zaman  Nabi  Adam  Hingga  Abad  XX. Jakarta:  Akbar Media Eka Sarana.
 Nasution,  Harun,  Prof.  Dr.  1974.  Islam:  Ditinjau  Dari  Berbagai  Aspek,  Jilid  I.  Jakarta:   UI  Press.
 Pulungan,  J.  Suyuthi.  Dr.  1993.  Fiqh  Siyasah:  Ajaran  Sejarah  Dan  Pemikiran.  Jakarta:  PT.  Raja  Grafindo  Persada.
 Syadzali,  Munawir.  H.  M.A.  1990.  Islam  Dan  Tata  Negara,  Cet  V.  Jakarta:  UI  Press.
 Syarif,  Mujar  Ibnu. Drs.M.Ag.  2003.  Hak-Hak  Politik  Minoritas  Non  Muslim  Dalam  Komunitas  Islam:  Tinjauan  Dari  Prespektif Politik  Islam.  Bandung:  Angkasa. 



No comments: