Agama Islam dan Budaya - DUNIA INFORMASI

Breaking

Saturday 14 June 2014

Agama Islam dan Budaya

BAB I
PENDAHULUAN

a.     Latar Belakang
Agama  dan   Kebudayaan  adalah  dua   hal   yang   sangat   berbeda. Agama  selalu  dikatakan  bersumber  dari  Tuhan  Yang  Maha  Esa, Penguasa  Alam  Semesta  beserta  segala  isinya, sedangkan  kebudayaan  adalah  produk  manusia. Penggabungan  kata  agama  dan  kebudayaan,  akan melahirkan  agama  kebudayaan  dan  kebudayaan  agama.  Keduanya  sangat  berbeda.
Agama  kebudayaan  adalah  kepercayaan  tentang  Tuhan  yang  berasal  dari  kebudayaan.  Timbulnya  kepercayaan  ini,  karena  manusia  dihadapkan  kepada  misteri  tentang  kehidupannya  di  muka  bumi  ini. Manusia  merasakan  ada  sesuatu  yang  mengatur  dunia  ini.  Siapa?   hingga  hari  ini  merupakan  misteri  yang  hanya  terjawab  secara  ideasional  yaitu  yang  disebut  Tuhan.  Contoh  seperti  ini  adalah  aliran kepercayaan  dengan  berbagai  istilah  dan  aliran  seperti  dinamisme  , animisme.
Sedangkan  kebudayaan  agama  justru  sebaliknya.  Kebudayaan  agama  bersumber  dari  agama  yang  kemudian  melahirkan  kebudayaan -kebudayaan,  baik  dalam  tataran  ide  maupun  material  dan  perilaku. Dalam  konsep  ini,  manusia  tidak  perlu  lagi  mencari  Tuhan,  manusia harus  menerima  adanya  Tuhan.  Contoh  kebudayaan  agama ini  adalah  munculnya  rumah-rumah  ibadah,  cara  hidup  bagi  yang  beragama  Islam
disebut  islami,  bagi  yang  beragama  Kristen  disebut  kristiani  dan  seterusnya.
b.    Pembahasan  Masalah
Dalam  pembahasan  makalah  ini  penyusun  membatasi  pokok  permasalahan  sebagai  berikut:
a.     Apa  Pengertian  dari  Agama ?
b.     Apa  Tujuan  dari  Agama ?
c.      Bagaimana  Agama  Dalam  Perspektif  Budaya ?
d.     Apa  Nilai-Nilai  Dasar  Islam  Tentang  Kebudayaan ?

c.      Tujuan Penulisan
Tujuan  dari  penulisan   makalah  ini  adalah  untuk  memenuhi  salah  satu tugas  mata  kuliah  Agama  Islam  2  dan  diharapkan  dapat  membantu  para  mahasiswa  memahami  lebih  dalam  lagi  tentang  Masalah  Agama  dan Budaya.
a.     Pengertian  dari  Agama .
b.     Tujuan  dari  Agama .
c.      Agama  Dalam  Perspektif  Budaya .
d.     Nilai-Nilai  Dasar  Islam  Tentang  Kebudayaan
BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian  Agama
Kata  “agama”  berasal  dari  bahasa  Sansekerta  āgama   yang   berarti   “tradisi”.  Sedangkan   kata   lain   untuk   menyatakan   konsep   ini   adalah   religi   yang   berasal   dari   bahasa   Latin   religio   dan   berakar   pada   kata   kerja   re-ligare   yang   berarti   “mengikat   kembali”.   Maksudnya    dengan   ber-religi,   seseorang   mengikat   dirinya   kepada   Tuhan   Yang   Maha  Esa.  Menurut  Kamus  Besar  Bahasa  Indonesia,  Agama  merupakan  sistem  atau   prinsip   kepercayaan   kepada   Tuhan,   atau   juga  disebut  dengan  nama  Dewa  atau  nama  lainnya  dengan  ajaran  kebhaktian  dan  kewajiban-kewajiban  yang  bertalian  dengan  kepercayaan  tersebut.  Agama  juga  dapat  diartikan  A = tidak,  gama = kacau.
Agama  sama  dengan  tidak  kacau,  sama  dengan  tentram.  Atau  masih  dalam  pengertian  yang  senada  dalam  bahasa  yang  lebih  sederhana,  agama  bertujuan  memberi  ketentraman  kepada  pengikutnya  (umat manusia)  yang  dikaitkan  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa.  Agama  adalah  sistem  atau  prinsip  kepercayaan  kepada  Tuhan  dengan  ajaran  kebaktian  dan  kewajiban-kewajiban  yang  bertalian  dengan  kepercayaan  itu  (KUBI, 1995).
Mukti  Ali  berpendapat  bahwa  ada  tiga  argumentasi  yang  dapat  dijadikan  alasan  dalam  menanggapi  statemen  “Barangkali  tak  ada  kata  yang  paling  sulit  diberikan  pengertian  dan  defenisi  selain  dari  kata  agama.”.
Secara  terminologi  dalam  ensiklopedi  Nasional  Indonesia,  agama  diartikan  aturan  atau  tata  cara  hidup  manusia  dengan  hubungannya  dengan  tuhan  dan  sesamanya.  Dalam  al-Qur’an  agama  sering  disebut  dengan  istilah  ad-din.  Istilah  ini  merupakan  istilah  bawaan  dari  ajaran  Islam  sehingga  mempunyai  kandungan  makna  yang  bersifat  umum  dan  universal.  Artinya  konsep  yang  ada  pada  istilah   diseharusnya  mencakup  makna-makna  yang  ada  pada  istilah   agama  dan  religi.
2.     Tujuan  Agama
Tujuan  agama  adalah  memberikan  petunjuk  pada  manusia,  sehingga  dengan  kekuatan  petunjuk  agama  akan  menyampaikannya  menuju  keharibaan  ilahi.  Dengan  demikian  agama  adalah  perantara  dalam  membantu  tugas  manusia  untuk  merealisasikan  tujuan  mulianya.
 Menurut  Rudolf  Pasaribu  (Pasaribu, 1988:10-13),  tujuan  agama  adalah:
a.     Mengajarkan  manusia  tentang  asal-usulnya.
b.     Mengajarkan  Manusia  tentang  moralitas.
c.      Mengajarkan  manusia  menghargai  dan  menghormati  orang  lain.
d.     Mengajarkan  manusia  tentang  tujuan  kehidupan.
e.      Mengajarkan  manusia  memelihara  keseimbangan.
f.       Memberikan  bimbingan  dalam  hidup,  dan
g.     Menentramkan  batin.
3.     Agama  Dalam  Perspektif  Budaya
a.     Asal  Mula  Kebudayaan
Kata  kebudayaan  dalam  bahasa  Indonesia,  berasal  dari  bahasa  Sansekerta  buddhayah,  kata  ini  bentuk  jamak  dari  buddhi  yang  berarti  “budi”  atau  “akal”.  Maka  dengan  demikian  kebudayaan  dapat  diartikan  “hal-hal  yang  bersangkutan  dengan  akal”.  Maka  kebudayaan adalah segala hasil dari cipta, karsa dan rasa (Koentjaraningrat, 19?: hal 80).
Ada  beberapa  definisi  tentang  asal  mula  kebudayaan,  misalnya  menurut E.B. Tylor, kebudayaan  adalah  keseluruhan  kompleks  yang  meliputi  pengetahuan,  kepercayaan,  seni,  moral,  hukum,  tata  cara  dan  kemampuan  apa  saja  lainnya,  kebiasaan  yang  diperoleh  manusia  sebagai  anggota  masyarakat.
Leslie White,  kebudayaan  adalah  suatu  kumpulan  gejala-gejala  yang terorganisasi yang terdiri dari tindakan-tindakan (pola-pola perilaku), benda-benda (alat-alat; atau benda-benda  yang  dibuat  dengan alat), ide-ide (kepercayaan dan pengetahuan)  dan  perasaan-perasaan (sikap,  ‘nilai-nilai’  yang  semuanya  tergantung  pada  penggunaan  simbol-simbol (Lawang,  1985:109-110).
Kemudian  ada  lagi  yang  mendefisikan  kebudayaan  adalah  suatu  yang  lahir  karena  adanya  pergaulan  manusia.  Ia  merupakan  suatu  kumpulan  yang  termasuk  di dalamnya  adat  istiadat,  ilmu  pengetahuan,  kepercayaan,  kesenian,  akhlak,  hukum dan  tiap-tiap  kesanggupan  serta  kelakuan  manusia  yang  dijelmakan  oleh  manusia  sebagai  anggota  dalam  suatu  pergaulan  masyarakat.  Dalam  pengertian  ini  kebudayaan  termasuk  way  of  life  dan  way  of  thinking manusia. Dalam  pengertian  ini  kebudayaan  termasuk  kebudayaan   “materi”   dan  kebudayaan   “rohani”   (Rahmat, 1961:27).
Menurut Malinowski, terbentuknya kebudayaan manusia dikarenakan dalam kehidupannya, manusia berhadapan dengan persoalan-persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian dari persoalan tersebut, terutama dalam kaitan upaya manusia untuk mempertahankan kehidupannya. Inilah awal terbentuknya kebudayaan.
Adapun yang menjadi unsur utama pembentukan kebudayaan ini adalah unsur memenuhi kebutuhan minim, lalu untuk mempertahankan kondisi yang dianggap sudah lebih baik dan menguntungkan ini, maka selanjutnya manusia membuat kondisi buatan. Kondisi buatan inilah yang kemudian disebut kebudayaan dalam bentuk sederhana (Susanto, 1977:146).
Pandangan lain dikemukakan oleh Koentjaraningrat. Menurut Koentjaraningrat (1975:11), kebudayaan adalah seluruh total dari pikiran, karya dan hasil karya manusia yang tidak berakar kepada nalurinya, karena itu hanya bisa dicetuskan oleh manusia sesudah melalui suatu proses belajar.
Koentjaraningrat kemudian membagi unsur kebudayaan atas tujuh unsur yang bersifat universal:
1. Sistem relegi dan Upacara Keagamaan.
2. Sistem dan organisasi kemasyarakatan.
3. Sistem pengetahuan.
4. Bahasa.
5. Kesenian.
6. Sistem mata pencaharian hidup.
7. Sistem teknologi dan peralatan.
Sistem ini dikatakan bersifat universal karena bukan hanya dimiliki oleh satu suku bangsa saja, tetapi dimiliki juga oleh suku bangsa lain, baik suku bangsa yang masih primitif maupun suku bangsa yang sudah moderen. Perbedaan yang mendasar terletak pada kadarnya. Pada masyarakat suku bangsa yang masih primitif kadar kualitas kebudayaan tersebut sangat longgar, sedangkan pada suku bangsa yang sudah moderen kadar kualitas kebudayaan itu sangat ketat dan kompetitif. Faktor perbedaan kadar ini menurut Malinowski, dikarenakan dalam kehidupannya, manusia berhadapan dengan persoalan-persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian dari persoalan tersebut, terutama dalam kaitan upaya manusia untuk mempertahankan kehidupannya. Inilah awal terbentuknya kebudayaan. Jadi berdasarkan pendapat Malinowski ini, apapun yang dilakukan manusia untuk tetap survival adalah kebudayaan.
Bagian yang paling sulit berubah adalah bagian yang pertama yaitu sistem relegi dan upacara keagamaan. Memang ada orang yang pindah agama, menukar kepercayaannya, tetapi persentasenya sedikit sekali, bila dibandingkan dengan perubahan sistem teknologi dan peralatan.
Ketujuh unsur diatas dapat dikembalikan ke dalam 3 wujud (Koentjaraningrat. 1975:15):
1.     Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan-peraturan dan sebagainya. Wujud ini bersifat abstrak, tidak dapat diraba atau difoto. Wujud ini hanya ada dalam alam pikiran dari warga masyarakat dimana kebudayaan yang bersangkutan hidup.Dengan semakin berkembangnya teknologi, kebudayaan idel ini banyak sudah tersimpan di dalam buku-buku, arsip, rekaman-rekaman tape. Kebudayaan ideal ini disebut juga adat tata kelakuan.
2.     Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitet kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat. Wujud kedua ini disebut juga sistem sosial, yaitu mengenai kelakuan berpola dari manusia itu sendiri. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia berinteraksi, beerhubungan, serta bergaul satu dengan lainnya setiap waktu. Wujud kedua ini bersifat konkret, terjadi disekeliling kita, bisa diobservasi, difoto dan didokumentasikan.
3.     Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Wujud ketiga ini disebut kebudayan fisik, yaitu berupa seluruh total dari hasil fisik dari aktifitas, perbuatan dan karya manusia.
Ketiga wujud ini dalam kehidupan sehari-hari tidak saling terpisah. Kebudayaan ideal dan adat istiadat mengatur dan memberi arah kepada perbuatan dan karya manusia. Dalam posisi seperti ini, agama termasuk ke dalam sistem relegi dan upacara keagamaan atau masuk ke dalam wujud ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan-peraturan. Walaupun dalam sasarannya antara agama dan kebudayaan berbeda. Agama sasarannya akhirat dan kesejahteraan rohanian di dunia, sedangkan kebudayaan sasarannya kebendaan di dunia yang nilainya diperhitungkan di akhirat (Gazalba,1988:103).

b.    Hubungan Agama Dengan Budaya
Pakar antropologi A.L. Kroeber dan C. Kluckhon dalam sebuah artikelnya yang masyhur “Culture : a Critical Review of Concepts and Definition” yang terbit pada tahun 1952 telah menganalisis dan mengklasifikasi 179 definisi kebudayaan. Prof. H.A.R. Tilaar mwngatakan bahwa hakikat dan inti dari kebudayaan itu adalah “manusia”, dengan kata lain kebudayaan adalah ciri khas manusia. Hanya manusia yang berkebudayaan. Dalam kajian islam, penyebab utama mengapa manusia memiliki keistimewaan itu disebut karena “akal manusia yang kreatif”, yang mampu membuat gagasan-gagasan inovatif untuk mengubah dan menyempurnakan apa yang telah berhasil dilakukan dan dialaminya. Hal demikian tidak dapat dilakukan makhluk lain termasuk malaikat. Oleh karena itu yang mendapat mandate sebagai “Khalifah Allah di bumi” adalah manusia.
Terdapat masalah isu lama dan menjadi bahan polemic antara para ahli dan menimbulkan pro-kontra, yakni masalah : Apakah agama yang menjadi bagian dari kebudayaan. Ataukah kebudayaan yang menjadi bagian dari agama?. bagi para antropolog dan sejarawan umumnya menganggap bahwa agama itu merupakan bagian dari kebudayaan (religion is a part of every known culture). Karena memandang kebudayaan sebagai titik sentral kehidupan manusia, dan mereka tidak membedakan antara agama / kepercayaan yang lahir dari keyakinan masyarakat tertentu, dengan agama yang berasal dari wahyu tuhan kepada Rosul-Nya. Sedangkan para agamawan, pada umumnya memandang agama sebagai sumber titik sentrak kehidupan manusia, terutama yang ada kaitannya dengan system keyakinan (credo) dan system peribadatan  (ritus). Agama mempunyai doktrin-doktrin (pokok-pokok ajaran) yang mengikat pemeluknya, diantara doktrin tersebut ada yang bersifat dogmatis (inti keyakinan), yang tidak mungkin ditukar dengan tradisi dan system kebudayaan yang berlawanan. Meskipun demikian, dalam agama terdapat koridor yang memungkinkan adanya penyesuaian atau penyerapan antara agama dengan tradisi dan budaya yang berlaku di suatu masyarakat. Disana terjadi proses saling mengisi, saling mewarnai dan saling mempengaruhi.
Hubungan antara agama dan kebudayaan memang tidak selalu harmonis. Sedikitnya ada empat kategori hubungan antara agama dengan kebudayaan, dengan meminjam formulasi  Prof. G. Van Der Leeuw sebagai berikut :
a)     Agama dan keudayaan menyatu.
b)    Agama dan kebudayaan renggang.
c)     Agama dan kebudayaan terpisah.
d)    Agama dan kebudayaan saling mengisi.
Dengan demikian menjadi jelas, bahwa hubungan antara agam adan kebudayaan tidak bersifat statis, tetapi berkembang secara dinamis dalam perjalanan sejarah. Walaupun pengamatan Prof. G. Van Der Leeuw tadi mencerminkan pengalaman dari masyarakat Barat modern, namun pengamatan itu dapat kita ambil manfaat juga dalam mempelajari perkembangan di Negara kita.
c.      Islam Mencakup Agama dan Budaya
Kebudayaan atau peradaban terbentuk dari akal budi yang berada dalam jiwa manusia. Karena itu bentuk kebudayaan selalu ditentukan oleh nilai-nilai kehidupan yang diyakini dan dirasakan oleh pembentuk kebudayaan tersebut yaitu manusia. Kebudayaan atau peradaban yang berdasar pada nilai-nilai ajaran islam disebut kebudayaan islam. Dalam pandangan ajaran islam, aktivitas kebudayaan manusia harus memperoleh bimbingan agama yang diwahyukan oleh Allah SWT. Melalui para nabi dan rasulnya.
Dengan demikian, agar kebudayaan terlepas dari jalan yang sesat dan sebaliknya mengikuti jalan yang benar dan terpuji, maka harus dilandasi oleh ajaran agama.
4.     Nilai-Nilai Dasar Islam Tentang Kebudayaan
Umat islam sejak sejarah perkembangannya yang paling awal sampai pada masa kini, telah banyak menyumbangkan karya-karya besar bagi kehidupan dunia yang merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban mereka. Dalam budaya intelektual umat islam banyak melahirkan tokoh-tokoh besar dibidang ilmu pengetahuan agama, seperti lahirnya tokoh-tokoh aliran dalam ilmu kalam dan karya-karya mereka, tokoh-tokoh dibidang syariat dan fiqih dikenal dengan imam-imam madzab, seperti hanafi, maliki, hambali dan syafi’i. Dalam bidang filsafat juga melahirkan para tokoh dari kalangan filsof muslim, seperti al-Kindi, al-Farabi, al-Razi, , Ibnu Rusyd, dan sebagainya. Dalam bidang tasawuf melahirkan tokoh-tokoh besar, seperti Haris al-Muhasibi, Ibnu Arabi, Dzunun al-Misri, Rubai’ah al-Adawiyah, Al-Ghazali, dan beberapa tokoh lain.
Selain melahirkan tokoh-tokoh besar dalam berbagai bidang tersebut diatas, dalam pengembangan sains dan teknologi juga melahirkan beberapa tokoh, antara lain: Muhammad al – Khawarizmi, ahli matematika, Abu yusuf ya’qub dibidang fisika, ibnu sina dibidang kedokteran dan berbagai tokoh lain yang jumlahnya sangat banyak.
Kebudayaan islam yang melahirkan banyak ahli yang disebutkan diatas diilhami dari ayat-ayat al-Quran dan sunnah Rasulillah s.a.w karena itu keduanya merupakan sumber ilmu pengetahuan. Nilai kebudayaan islam yang harus terus dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain:
[1]Bersikap Ikhlas.
[2]Berorientasi Ibadah.
[3] Semata-mata untuk kemaslahatan umat Islam.
BAB III
PENUTUP
Demikianlah penyusunan makalah ini disusun, merupakan pemenuhan tugas terstruktur pada Pendidikan agama Islam, adapun judul makalah ini adalah “Agama Islam dalam kebudayaan “. Makalah ini merupakan pengembangan diri di mana diharapkan dapat menjadi acuan dalam keilmuan Perguruan Tinggi. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
A.   Kesimpulan
Agama  kebudayaan  adalah  kepercayaan  tentang  Tuhan  yang  berasal  dari  kebudayaan.  Timbulnya  kepercayaan  ini,  karena  manusia  dihadapkan  kepada  misteri  tentang  kehidupannya  di  muka  bumi  ini. Manusia  merasakan  ada  sesuatu  yang  mengatur  dunia  ini.  Siapa?   hingga  hari  ini  merupakan  misteri  yang  hanya  terjawab  secara  ideasional  yaitu  yang  disebut  Tuhan.  Contoh  seperti  ini  adalah  aliran kepercayaan  dengan  berbagai  istilah  dan  aliran  seperti  dinamisme  , animisme. Tujuan  agama  adalah  memberikan  petunjuk  pada  manusia,  sehingga  dengan  kekuatan  petunjuk  agama  akan  menyampaikannya  menuju  keharibaan  ilahi.  Dengan  demikian  agama  adalah  perantara  dalam  membantu  tugas  manusia  untuk  merealisasikan  tujuan  mulianya.



B.    SARAN
Dari kesimpulan di atas dapat disarankan sebagai berikut :
a.     Diharapkan Mahasiswa dapat memahami tentang Pengertian Agama dan Kebudayaan dalam Agama.
b.     Diharapkan Mahasiswa dapat memahami dan memberikan contoh ke orang banyak tentang apa-apa saja yang mencangkup tentang Agama dan Kebudayaan
Daftar Pustaka
prastputra.blogspot.com/2009/01/kebudayaan-islam_04.html
rakakucibingbin.blogspot.com/2012/01/contoh-akulturasi-kebudayaan-indonesia.htmlkomed45.blogspot.com/2012/04/pengantar-sejarah-kebudayaan-islam.html
Ansari,Endang Saifuddin,Agama dan Kebudayaan, Surabaya: PT Bina Ilmu, 1980.
Hasjmi,A., Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Tim Penyusun Text Book Departemen Agama, sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Proyek Binbaga Islam Depag RI,1982.



[1] definisi-pengertian.blogspot.com/2010/08/pengertian-agamal

[2] komed45.blogspot.com/2012/04/pengantar-sejarah-kebudayaan-islam.


[3]rakakucibingbin.blogspot.com/2012/01/contoh-akulturasi-kebudayaan-indonesia.

[4] Hasjmi,A., Sejarah Kebudayaan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

No comments: