Silabus
adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu,
dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi
dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian BSNP (dalam Depdiknas,
2008).
Menurut Depdiknas (2006) Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Menurut Depdiknas (2006) Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Dengan
demikian, silabus pada dasarnya menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai
berikut:
1. apa kompetensi yang harus
dicapai siswa yang dirumuskan dalam standar kompetensi, kompetensi dasar dan
materi pokok;
2. bagaimana cara mencapainya
yang dijabarkan dalam pengalaman belajar beserta alokasi waktu dan alat serta
sumber belajar yang diperlukan; dan
3. bagaimana mengetahui
pencapaian kompetensi yang ditandai dengan penyusunan indikator sebagai acuan
dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.
Menurut Yahya Nursidik bahwa Silabus
adalah
1. Garis
besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi/materi pembelajaran (salim,
1987:98)
2. Merupakan
seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang
saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar
(Yulaelawati,2004:123)
3. Salah
satu rancangan kurikulum pembelajaran.
4. Merupakan
ringkasan isi komponen-komponen kurikulum
5. Penjabaran
lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar, dan pokok-pokok/uraian
materi yang harus dipelajari siswa ke dalam rincian kegiatan dan strategi
pembelajaran, kegiatan dan strategi penilaian, dan alokasi waktu per mata
pelajaran per satuan pendidikan dan per kelas.
6. Salah satu tahapan pengembangan kurikulum, khususnya
untuk menjawab “apa yang harus dipelajari?”
7. Merupakan hasil atau produk pengembangan disain
pembelajaran, seperti PDKBM, GBPP, dsb.
No comments:
Post a Comment